8 Fakta Menarik Usai Arsenal Dipermalukan Monaco

Dimitar Berbatov
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - AS Monaco berhasil mempermalukan Arsenal di Emirates Stadium dalam laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions, dini hari tadi. Posisi ini semakin menyulitkan The Gunners untuk melaju ke fase berikutnya.

Dalam laga tersebut, Monaco mengunci kemenangan dengan skor 3-1. Tiga gol Monaco, masing-masing dipersembahkan oleh Geoffrey Kondogbia, Berbatov, dan Yannick Ferreira Carrasco.

Sedangkan gol tunggal tuan rumah diciptakan Alex Oxlade-Chamberlain. The Gunners yang dalam empat musim terakhir selalu terhenti langkahnya di babak 16 besar, setidaknya harus menang tiga gol tanpa balas pada leg kedua nanti.

Posisi itu semakin sulit karena Arsenal akan bermain kandang Monaco di leg kedua nanti, pada 18 Maret 2015. Sebelumnya, kita simak dulu fakta-fakta menarik usai Arsenal dipermalukan Monaco, yang dirangkum dari Opta dan Misterchip.

1. Monaco terakhir kali mencapai fase knockout Liga Champions pada 2005 silam. Mereka kala itu hanya mencapai babak 16 besar sebelum dihentikan PSV Eindhoven.

2. Sejak aturan gol tandang diberlakukan di Liga Champions, hanya ada tiga dari 175 kejadian ketika tim yang sudah kalah 1-3 di leg pertama berhasil lolos ke babak selanjutnya. Artinya, peluang Arsenal lolos ke babak perempatfinal hanya 1,7 persen.

3. Striker Arsenal, Olivier Giroud melepaskan enam tembakan ketika melawan AS Monaco. Jumlah itu merupakan yang terbanyak dalam sejarah Giroud ketika berlaga dalam sebuah pertandingan Liga Champions. Sayang, tak ada yang menjadi gol.

4.
Monaco belum pernah mencetak dua gol atau lebih ke gawang lawan ketika berlaga di babak knock-out Liga Champions sejak 2004. Lawan terakhir yang dibobol lebih daru satu kali dalam satu laga oleh Monaco adalah Chelsea.

5.
Monaco telah bergabung dengan Manchester United dan Bayern Munich, yang sukses membobol gawang Arsenal di fase knock-out Liga Champions.

6.
Arsenal kini telah kebobolan setidaknya dua gol dalam laga kandang di babak 16 besar Liga Champions,  selama tiga musim berturut-turut.

7.
Monaco selalu mampu mengatasi klub Inggris dalam tiga penampilan di fase knock-out: 1997, perempat final Piala UEFA melawan Newcastle United, 1998, perempat final Liga Champions melawan Manchester United dan 2004, semifinal Liga Champions melawan Chelsea.

8.
Ini pertama kalinya Arsenal alami kebobolan di Emirates Stadium, setelah sebelumnya sukses mencatat clean sheet dalam tiga pertandingan terakhir kontra tim asal Prancis.

Gila, Ini Format Baru Liga Champions!

Baca Juga:

Kalah dari Monaco, Wenger Akui Posisi Arsenal Makin Sulit

Rangkuman Momen-momen Penting Duel Liverpool Vs Villarreal

Kapten Atletico: Leverkusen Pantas Menang

Pamer Bikini Mencolok, WAGs MU Tak Ditemani Suami

Legenda Real Madrid Bela Ramos, Kasihani Karius
Perempatfinal Liga Champions, Real Madrid vs Chelsea

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Liga Champions, turnamen sepakbola paling bergengsi di Eropa, menjadi mimpinya para klub elite

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024