Kualifikasi Piala Eropa 2016

Bawa Timnya Lolos, Pelatih Irlandia Utara Nyaris Tak Percaya

Pelatih Irlandia Utara, Michael O'Neill
Sumber :
  • Reuters / Jason Cairnduff
VIVA.co.id
Draxler Terancam Tak Ikut ke Piala Eropa 2016
- Sejarah berhasil diciptakan oleh Irlandia Utara. Green and White Army untuk kali pertama berhasil lolos ke Piala Eropa usai menundukkan Yunani 3-1, Kamis 8 Oktober 2015 (Jumat dini hari WIB).

Timnas Prancis Tanpa Benzema di Piala Eropa 2016
Sepasang gol Steven Davis ditambah gol Josh Magennis, hanya mampu dibalas Yunani lewat gol Christos Aravidis. Pelatih Irlandia Utara, Michael 0'Neill sampai nyaris tak percaya sanggup mencatat sejarah.

Cedera, Kiper Timnas Italia Batal Ikut ke Piala Eropa 2016

"Para pemain tampil luar biasa. Tim bereaksi dengan tepat, ini menakjubkan. Suatu kehormatan bisa berada di sini. Saya bangga bisa berada di sini sebagai pelatih mereka," kata O'Neill seperti dilansir Sky Sports.

"Bagaimana kami melakukannya? Saya hampir tak percaya. Kami menyiapkan tim dengan baik. Pemain layak mendapatkan ini karena telah banyak melakukan pengorbanan. Kami punya keyakinan dan kepercayaan dia memenangkan pertandingan," lanjut pelatih 46 tahun ini.

Sukacita juga diungkapkan Josh Magennis. Pemain 25 tahun ini menciptakan gol kedua Irlandia Utara lewat sundulan.

"Saya benar-benar tak bisa mengungkapkan ini dengan kata-kata. Gol ini dicetak dengan bahu saya tapi saya tak peduli. Jika kami berjuang keras, kami bisa menjadi tim yang tangguh," ucap Magennis.

Irlandia Utara kokoh di puncak klasemen Kualifikasi Piala Eropa 2016 Grup F dengan 20 poin dari 9 laga. Dengan satu laga tersisa, mereka sudah unggul 3 poin atas Rumania di posisi kedua dan 4 poin atas Hungaria, sehingga dipastikan lolos ke Prancis.

Ini menjadi partisipasi perdana Irlandia Utara di Piala Eropa. Sebelumnya, mereka sempat tampil di 3 Piala Dunia, pada 1958, 1982, dan 1986.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya