Filipina Mundur dari Tuan Rumah Piala AFF 2016

Pemain Timnas Filipina ketika bermain melawan Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo

VIVA.co.id - Filipina secara resmi mengundurkan diri dari tuan rumah Piala AFF 2016, yang sedianya akan dilaksanakan akhir tahun ini. Dari pernyataan yang dilansir laman resmi Federasi Sepakbola Filipina (PFF), pengunduran diri ini tak lain karena masalah infrastruktur.

Filipina awalnya mengajukan Rizal 2, tempat untuk menjadi lokasi dihelatnya pertandingan. Tetapi, Rizal Memorial Stadium yang jadi salah satu lokasi daya tampungnya baru mencapai 20 ribu.

Karena itu, Asosiasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) menolak. AFF memberi syarat mutlak kepada setiap negara untuk membuat stadion yang kapasitasnya mencapai 30 ribu. Dengan begitu, pertandingan akan berjalan dengan bagus baik dari sisi atmosfer atau pun komersial.

"PFF menominasikan Rizal Memorial Stadium dan Philippine Sports Stadium untuk menjadi tempat utama. Tetapi, Rizal Memorial tidak disetujui karena butuh kapasitas 30 ribu," demikian pernyataan Sekretaris Jenderal PFF, Ed Gastanes dikutip dari Inquirer.

Penunjukkan Filipina menjadi tuan rumah terjadi pada 2013 lalu. Mereka terpilih dengan didampingi oleh Myanmar untuk menjadi co-host. Namun, persiapan selama tiga tahun tak cukup bagi mereka untuk melakukan perbaikan.

Terkait dengan pengunduran diri Filipina ini, AFF akan segera melakukan pertemuan di Da Nang, Vietnam. Melalui pengumuman di laman resmi mereka, pertemuan itu baru akan dilaksanakan pada 12 Maret 2016 mendatang. (asp)

Lilipaly Cuma Jadi 'Ban Serep' di Timnas Indonesia?
Pemain Timnas Indonesia

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia Vs Myanmar

Riedl tidak bisa menurunkan pilihan utamanya karena cedera.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016