Bukti Belarusia Bukan Lawan Mudah untuk Belanda

Pelatih Timnas Belanda, Danny Blind
Sumber :
  • Football-Oranje

VIVA.co.id – Belanda akan menghadapi Belarusia di ajang kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup A zona Eropa. Laga tersebut akan dihelat di Stadion Feijenoord, Sabtu dini hari WIB, 8 Oktober 2016. 

Sandy Walsh Pernah Bawa Belanda Juara Piala Eropa

Kedua tim sudah bertemu sebanyak enam kali di mana Belanda memegang catatan lebih baik ketimbang tim tamu. Tercatat, Belanda mendapatkan empat kali kemenangan, sedangkan Belarusia mendapat dua kali kemenangan. 

Namun jangan remehkan Belarusia. Mereka belum terkalahkan di tiga laga terakhir dengan meraih dua kemenangan dan satu kali hasil imbang. Bahkan, mereka mampu menahan imbang Prancis dengan skor 0-0 di laga pertama kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa, Rabu 7 September 2016 lalu. 

Timnas Indonesia Senasib Belanda soal Spesialis Runner Up

Berbanding terbalik dengan Belanda yang kini tengah dalam periode buruk menyusul hasil tidak maksimal di dua laga terakhirnya. Mereka hanya bermain imbang 1-1 melawan Swedia, 7 September 2016 di kualifikasi Piala Dunia zona Eropa dan kandas dari Yunani di laga persahabatan, 2 September 2016 lalu. 

Tidak sampai di situ, Belarusia juga mendapatkan kemenangan dengan skor 2-1 di laga terakhir kontra Tim Oranye. Dua gol Belarusia dicetak oleh Vitali Bulyga (49') dan Vladimir Korytko (65') dan gol balasan Belanda dicetak oleh Rafael van der Vaart. 

Kembalinya Belanda ke Piala Dunia

Dengan catatan tersebut, Belanda kemungkinan besar mendapat lawan yang cukup seimbang. Berikut rekor pertemuan Belanda dan Belarussia, seperti dilansir Soccerway: 

22 November 2007: Belarusia 2-1 Belanda (Kualifikasi Piala Dunia zona Eropa)
7 September 2006: Belanda 3-0 Belarusia (Kualifikasi Piala Dunia zona Eropa)
8 Juni 2003: Belarusia 0-2 Belanda (Kualifikasi Piala Dunia zona Eropa)
8 September 2002: Belanda 3-0 Belarusia (Kualifikasi Piala Dunia zona Eropa)
7 September 1995: Belanda 1-0 Belarusia (Kualifikasi Piala Dunia zona Eropa)
8 Juni 1995: Belarusia 1-0 Belanda (Kualifikasi Piala Dunia zona Eropa)


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya