Kritik untuk Frenkie de Jong, Kerjaannya Cuma Jalan Kaki

Frenkie de Jong dalam latihan Timnas Belanda
Sumber :
  • twitter.com/OnsOranje

VIVA – Frenkie de Jong saat ini sedang dalam sorotan. Performanya di Barcelona dan Timnas Belanda dianggap tidak maksimal. Padahal dia memiliki kualitas sebagai pemain hebat.

Xavi Hernandez Beber Alasan Bertahan di Barcelona

Adalah mantan pelatih asal Belanda, Wim van Hanegem yang melontarkan kritik kepada de Jong. Menurut dia, sang pemain tidak bisa memaksimalkan kemampuannya.

Kritik keras dilontarkan van Hanegem karena lebih sering melihat de Jong berjalan kaki di atas lapangan ketimbang berlari. Sebagai pengamat sepakbola, dia begitu jengah.

Bicara Kekalahan dari Madrid, Bek Barcelona Silang Pendapat dengan Xavi

Satu hal lagi yang menurut dia sangat buruk dilakukan de Jong ketika bertanding. Dia lebih sering mengoper bola ke sisi sayap dan belakang ketimbang menyusun serangan. 

"Saya juga sangat lelah. Jujur saja, dia cuma berjalan dan memberi sedikit operan melebar dan ke belakang. Saya benar-benar terganggu. Tidak ada tendangan ke gawang sama sekali," ujar van Hanegem, dikutip dari Tribal Football.

Real Madrid Vs Barcelona Seperti Final LaLiga

"Dia memiliki banyak kualitas, tapi sekarang dia cuma berjalan dan berjalan di sisi sayap. Siapa pun bisa melakukan itu," tambahnya.

Luuk De Jong

Photo :
  • instagram

Harus Dioptimalkan

De Jong adalah salah satu gelandang potensial Timnas Belanda. Dengan kualitas yang dimiliki, seharusnya sumbangsih kepada tim bisa lebih baik lagi.

Kemampuannya dalam mengolah si kulit bundar dan melepaskan operan harus lebih dikedepankan. Hal yang sama dia lakukan ketika bermain untuk Ajax Amsterdam.

Ketika bersama Ajax, namanya begitu melambung. Itu sebabnya dia kemudian direkrut oleh Barcelona. Tapi sekarang ini performa dia dianggap menurun.

"Kalau kami bilang tidak bagus, bukan berarti Frenkie bukan pemain bagus. Dia pemain hebat, makanya sayang sekali dia mainnya seperti itu," tutur van Hanegem,

"Sekarang dia ada di lini tengah dan di belakangnya ada Daley Blind. Kemudian bola akan dikirim ke sana. Saya pikir dia harus memainkan peran menyerang di lini tengah yang tepat untuk Oranje," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya