Lima Pemain Top Asia di Eropa

Gelandang Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly (kiri)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id – Pemain-pemain Asia perlahan mulai muncul di liga-liga Eropa. Beberapa bahkan mulai populer, seperti Son Heung-min dari Korea Selatan, yang kini bermain untuk Tottenham Hotspur. Indonesia pun ternyata tidak ketinggalan, dengan Stefano Lilipaly.

Dua Pemain Indonesia Dikirim ke Jerman, Berpeluang Direkrut Borussia Monchengladbach

Berikut ini lima pemain Asia yang masih bermain di Eropa, seperti dikutip dari Fox Sports pada Rabu 21 Desember 2016.

Stefano Lilipaly (Indonesia)

Tidak Ada yang Tidak Mungkin, Pemain Indonesia Bisa Tembus Premier League

Stefano Lilipaly menjadi figur penting dalam lini serang Indonesia pada Piala AFF 2016. Putra dari ayah asli Indonesia dan ibu keturunan Belanda, itu bisa membawa Indonesia ke final, dan memenangkan leg pertama lawan Thailand.

Lilipaly bermain untuk Telstar di Eerste Divisie, setelah sempat mencicipi Utrecht, Almere City, juga Consadole Sapporo di Jepang. Dia sebelumnya bisa bermain untuk Belanda, dan sempat membela tim junior sebelum memilih timnas Indonesia pada 2013.

Tiga Pemain Indonesia Resmi Dikontrak Klub Asal Bosnia

Gol pertamanya untuk Indonesia adalah ke gawang Singapura, yang membawa Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2016.

Alireza Jahanbakhsh (Iran)

Alireza Jahanbakhsh bermain untuk AZ Alkmaar di Netherlands. Penyerang asal Iran, itu sedang dalam performa terbaik, yang membuatnya selalu menjadi pilihan utama. Kekuatannya adalah pada akurasi operasi.

Jahanbaksh terpilih menjadi pemain terbaik di laga lawan Heracles, setelah mencetak satu gol dan memberikan satu assist di pertandingan tersebut. Dia sempat dinominasikan sebagai talenta muda terbaik Eredivisie pada musim 2013/2014.

Dia turut membela Iran dalam Piala Dunia 2014 dan Piala Asia 2015.

Park Joo-ho (Korea Selatan)

Park Joo-ho belakangan tidak mendapat cukup waktu bermain di Borussia Dortmund. Namun, mantan bintang Kashima Antlers dan Basel, itu sempat dikaitkan dengan Inter Milan. Dia membantu Basel menjadi juara Uhrencup, dan menjadi klub Swiss pertama yang mencapai babak gugur Liga Champions.

Ali Adnan (Irak)

Ali Adnan yang dijuluki 'Gareth Bale Asia', itu menjadi pemain Irak pertama yang bermain di Serie A, setelah dibeli Udinese pada 2015. Bek kiri Irak, itu menarik perhatian banyak klub, setelah tampil bagus dalam pertandingan Olimpiade 2016 lawan Denmark.

Son Heung-min (Korea Selatan)

Gol Son Heung-min ke gawang Jerman di Olimpiade Rio de Janeiro, dipilih sebagai gol terbaik oleh Asosiasi Sepakbola Korea. Son dibeli Tottenham Hotspur musim lalu, dan mulai tampil bagus musim ini, dengan mencetak enam gol.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya