Tidak Ada yang Tidak Mungkin, Pemain Indonesia Bisa Tembus Premier League

Peter Schmeichel Hadir di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

Jakarta – Premier League adalah kompetisi sepakbola bergengsi di dunia. Banyak penggemar sepakbola di dunia mengarahkan perhatian ke sana. Sebagai kompetisi dengan tingkat persaingan tinggi, pintu mereka tetap terbuka bagi para pemain dari benua Asia.

Arsenal Masih Belum Sempurna Meski Menang di Markas Tottenham

Mantan kiper Manchester United, Peter Schmeichel bicara hal ini. Dia mencontohkan sosok Park Ji-sung yang juga meraih prestasi bersama tim berjuluk Setan Merah. Schmeichel tak ragu menyebut Park sebagai pahlawannya.

Para pemain Asia yang ada di Premier League menurut dia memiliki kemampuan luar biasa. Mereka mampu membuktikan diri layak didatangkan. Di era yang sekarang, Schmeichel merujuk kepada Kaoru Mitoma dan Son Heung-min.

Ganas, Arsenal Ngamuk di Kandang Tottenham

Peter Schmeichel

Photo :
  • VIVA/Riki Ilham Rafles

"Park Ji-sung adalah pahlawan saya, dia legenda di MU, bermain bagus di sana. Setiap klub di Premier League tentu saja mencari talenta dari Asia, dan ketika mereka luar biasa, mereka akan benar-benar luar biasa," kata Schmeichel saat ditemui di Jakarta, Jumat 4 Agustus 2023.

Mohamed Salah Rahasiakan Penyebab Ribut dengan Klopp

"Lihat Jepang di Piala Dunia 2022, misal Kaoru Mitoma, dia sekarang masih di Brighton, dan Son Heung-min di Tottenham. Mereka semua melakukan pekerjaan bagus di Premier League, Khusus Son, dia pilih klub yang salah," imbuhnya seraya tertawa.

Premier League yang digandrungi jelas membuat para pesepakbola ingin sekali bisa bermain di sana. Kini hampir dari seluruh bagian dunia ada di dalamnya. Semua budaya ini bercampur dan menurut Schmeichel membuat tim makin kuat.

Peter Schmeichel

Photo :
  • VIVA/Riki Ilham Rafles

"Dalam 25 tahun terakhir, banyak pemain dari berbagai belahan dunia datang ke Premier League dan memberi dampak tersendiri. Pada 1991, saya datang ke MU, lalu datang Eric Cantona. Ada banyak budaya yang berbeda yang bercampur di tim. Hal itu jadi warna tersendiri, dan ketika menyatu di bawah arahan Sir Alex Ferguson, jadi sebuah kekuatan luar biasa," ujar Schmeichel.

Harapan pria asal Denmark itu, ada pesepakbola Indonesia yang juga bisa menembus Premier League. Satu yang dia tekankan adalah terus bekerja keras. Peluang itu ada, dan dia meyakini kesempatan terbuka.

"Saya harap, banyak pemain-pemain dari Asia ke Premier League, khususnya dari Indonesia. Tapi tentu saja bagi semua anak-anak Indonesia, bekerja keras. Peluang itu ada, dan kalian memilliki kesempatan untuk menembus Premier League. Contohlah Son dan Mitoma," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya