Piala Dunia 9 Bulan Lagi, 5 Tim Sudah Pastikan Tiket

Para pemain Meksiko rayakan keberhasilan lolos ke Piala Dunia 2018
Sumber :
  • REUTERS/Edgard Garrido

VIVA.co.id – Piala Dunia 2018 tinggal hitungan bulan. Sembilan bulan lagi, tepatnya pada 14 Juni 2018, turnamen terakbar di dunia sepakbola ini akan dihelat di Rusia.

Timnas Qatar U-23 Menangis Usai Dihajar Jepang di Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Saat ini, sedang digelar babak kualifikasi di 6 zona benua (Asia, Eropa, Oseania, Afrika, CONMEBOL, dan CONCACAF). Ternyata, sudah ada 5 tim yang mengantongi tiket ke Piala Dunia tahun depan.

Seperti dilansir situs resmi FIFA, tim pertama yang berhasil lolos adalah Rusia. Rusia lolos otomatis tanpa harus melewati kualifikasi, karena status sebagai tuan rumah.

Media Korsel Sorot Timnas Indonesia: Senjata Paling Berbahaya Mereka Adalah STY

Tim pertama yang lolos lewat jalur kualifikasi adalah Brasil. Hingga saat ini, Selecao masih merajai zona CONMEBOL (Amerika Selatan) dengan 36 poin dari 15 pertandingan. Mereka sudah unggul 11 poin dari pesaing terdekat, Kolombia.

Selanjutnya, Iran menjadi wakil Asia pertama yang lolos. Iran tak tergoyahkan di puncak klasemen Grup A babak 3 kualifikasi zona AFC (Asia). Mereka mengumpulkan 21 poin dari 9 laga, unggul 7 angka dari pesaing terdekat, Korea Selatan.

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach

Jepang menemani Iran sebagai wakil Asia yang sudah memastikan tiket ke Rusia. Jepang lolos usai mengalahkan Australia 2-0 di Saitama Stadium 2002, 31 Agustus 2017 lalu. Mereka mengumpulkan 20 poin dari 9 laga, unggul 4 angka dari pesaing terdekat, Arab Saudi di Grup B.

Meksiko menjadi tim terakhir yang mengantongi tiket, sebagai wakil CONCACAF (Amerika Utara, Tengah, dan Karibia). El Tri memastikan diri lolos usai menang tipis 1-0 atas Panama di Estadio Azteca, 1 September 2017.

Piala Dunia 2018 akan diikuti 32 peserta. Baru ada 5 tim yang lolos, berarti masih ada 27 tiket lainnya yang diperebutkan. Pastinya bakal seru dan penuh drama.

Berikut 5 tim yang sudah memastikan diri lolos ke Piala Dunia:

1. Rusia (zona Eropa, tuan rumah)
2. Brasil (zona CONMEBOL)
3. Iran (zona Asia)
4. Jepang (zona Asia)
5. Meksiko (zona CONCACAF)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya