Pelatih Klub Asing Kagumi Antusiasme Suporter Indonesia

Suporter Bali United
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA – Pelatih Tampines Rovers, Juergen Raab, kagumi antusiasme suporter di Indonesia, khususnya Bali. Tampines Rovers akan melawan Bali United di playoff Liga Champions Asia, Selasa malam 16 Januari 2018.

Persib Bandung Jaga Kebugaran Jelang Tantang Bali United di Championship Series

Dari informasi yang didapat Raab, saban kali klub berjuluk Serdadu Tridatu itu berlaga, Stadion Kapten I Wayan Dipta dengan kapasitas 30 ribu penonton itu selalu penuh.

Untuk laga malam nanti, tiket yang dicetak panitia penyelenggara sebanyak 19.500 lembar sesuai arahan AFC sudah ludes terjual. Fakta yang menuai pujian dari Raab.

Hasil Liga 1: Bali United Lolos ke Championship Series Usai Tekuk Persebaya Surabaya

"Di Singapura tidak lebih dari seribu orang (suporter) yang menyaksikan langsung pertandingan kami di stadion," kata Juergen, Selasa 16 Januati 2018.

Di sisi lain, ia juga cukup kagum dengan antusiasme media dalam mewartakan bentrok antara timnya dengan klub kebanggaan publik Bali itu. Lagi-lagi ia membandingkan antara peran media di negaranya dengan Indonesia.

Terpopuler: Sindiran Suporter Bali United, Media Asing Puji Indonesia

"Saya kaget jumlah jurnalis di sini. Di Singapura, tidak sampai 10 wartawan. Di sini ada banyak sekali wartawan yang mereportase pertandingan ini. Saya bisa merasakan interest sepakbola Indonesia," ujarnya.

Di sisi lain, Juergen telah menyiapkan timnya dengan baik. Berhadapan di depan ribuan fans fanatik Bali United dijadikan ajang baginya untuk menempa mentalitas anak asuhnya.

"Saya sudah persiapkan tim degan baik. Bermain di hadapan suporter tuan rumah yang sangat banyak cukup baik kami, terutama dalam menempa mental tanding tim kami," kata dia.

Juergen optimis memenangkan pertandingan meski bermain di tengah tekanan suporter lawan. Ia berjanji tak akan memberi ruang gerak bagi armada asuhan Widodo Cahyono Putro.

"Saya sedikit buta kekuatan Bali United. Minim sekali informasi tentang mereka, tapi saya akan mencari solusi agar mereka tak mencetak gol," jelasnya.

"Informasi yang yang tahu, saat liga kemarin (Liga 1), mereka cetak banyak gol. Kami akan lakukan cara agar mereka tak punya peluang. Kami akan bermain sesuai gaya kami," kata Juergen. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya