Sevilla Jadi Ujian untuk Skuat Pincang MU

Striker Manchester United, Romelu Lukaku.
Sumber :
  • Reuters/Jason Cairnduff

VIVA –  Manchester United akan melanjutkan kiprah di ajang Liga Champions, Kamis dini hari WIB, 22 Maret 2018. Setan Merah bakal bertandang ke Ramon Sanchez Pizjuan, menghadapi Sevilla di leg 1 babak 16 besar.

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Kabar buruk menghampiri MU jelang duel krusial tersebut. Beberapa penggawa mereka tak bisa tampil karena mengalami cedera.

Duet bek Phil Jones dan Marcos Rojo tak bisa bermain, bersama dengan Marouane Fellaini dan Zlatan Ibrahimovic. Sedangkan Paul Pogba yang absen karena sakit dalam pertandingan Piala FA melawan Huddersfield Town, akan dilihat kondisi terakhir dalam beberapa hari ke depan.

Gila, Ini Format Baru Liga Champions!

Manajer MU, Jose Mourinho, berharap Marcus Rashford, Antonio Valencia dan Ander Herrera akan pulih tepat waktu, setelah diparkir pada laga Sabtu lalu. Namun, Mou meminta para pemainnya membuktikan ketahanan mental dalam kompetisi paling elite klub-klub Eropa itu.

"Saya pikir mentalitas sangat penting. Dan kami memiliki ikatan yang kuat dalam tim," kata Mourinho, seperti dikutip Manchester Evening News.

Rangkuman Momen-momen Penting Duel Liverpool Vs Villarreal

Mourinho masih memantau kondisi Paul Pogba. Dia berharap Pogba bisa pulih saat bersua Sevilla.

"Bisakah kami mengembalikan mereka ke hari Rabu (pertandingan melawan Sevilla)? Saya percaya begitu. Saya pikir Rashford, Herrera, Valencia punya peluang," lanjutnya.

"Paul saya tidak tahu. Marcos Rojo, Phil Jones, Marouane, Zlatan, saya tidak pikir mereka memiliki kesempatan (untuk pulih), jadi kami sampai pada momen krusial ini dengan beberapa masalah," sambung manajer asal Portugal itu.

Sevilla Kirim Ancaman

MU melaju ke babak 16 besar sebagai juara Grup A. Setan Merah sukses meraih lima kemenangan dari enam pertandingan, dan hanya mengalami satu kekalahan.

Kiprah Sevilla juga tak bisa disepelekan. Tim asal Andalusia ini melaju sebagai runner up Grup E, di bawah Liverpool. Mereka mampu meraih dua kemenangan, tiga kali imbang, dan hanya sekali kalah.

Sevilla memiliki banyak pemain bintang. Di antaranya, Jesus Navas, yang memiliki pengalaman tampil di Premier League, bersama Manchester City pada 2013 hingga 2017.

"Bagi Sevilla, yang terpenting dari laga melawan MU adalah cara melaju ke babak selanjutnya. Menurut saya akan menjadi sesuatu yang bagus jika kami bisa menyingkirkan MU," kata Navas dilansir Football-Espana.

"Jika orang-orang meremehkan Sevilla, mereka seharusnya melihat apa yang telah kami lakukan. Faktanya, kami siap melaju ke final dan masih bermain di berbagai kompetisi. Kami adalah tim yang hebat dan bisa mencapai berbagai hal," sambungnya. 

Ancaman Navas patut dipertimbangkan MU. Sevilla memiliki banyak pengalaman di Eropa. Mereka sudah lima kali menjuarai Liga Europa pada 2005–06, 2006–07, 2013–14, 2014–15, dan 2015–16.

Partai ini juga bisa menjadi pembuktian kehebatan MU di Eropa. Mengingat saat ini mereka berstatus sebagai juara bertahan Liga Europa.

Adu Cerdas Montella Vs Mourinho

Adu Cerdas Montella Vs Mourinho
Manajer MU, Jose Mourinho, mendapatkan saingan sepadan. Terlebih, Sevilla kini ditangani Vincenzo Montella yang memiliki banyak pengalaman.

Keputusan Sevilla menunjuk Montella menggantikan Eduardo Berizzo pada 28 Desember 2017 terbukti tepat. Di bawah kendali mantan pelatih AC Milan ini, Sevilla menunjukkan peningkatan.

Rasio kemenangan Montella bersama Sevilla mencapai 61,54 persen. Dari 13 pertandingan, Los Nervionenses meraih delapan kemenangan, dua kali imbang, dan hanya tiga kali kalah.

Sevilla kini bertengger di urutan lima LaLiga dengan 39 poin dari 24 pertandingan. Jika posisi ini dipertahankan, mereka berhak atas tiket ke Liga Europa musim depan.

Montella juga membawa Sevilla melaju ke final Copa del Rey dan akan menantang Barcelona. Ini tentunya menjadi modal berharga sebelum menantang pasukan Mourinho.

Menariknya, rasio kemenangan Mourinho di MU ternyata sma dengan yang diraih Montella di Sevilla. Sejak menangani Setan Merah pada 27 Mei 2016, rasio kemenangan The Special One adalah 65,5 persen.

Dari 104 pertandingan, Mourinho membawa MU menang dalam 64 pertandingan. 23 laga berakhir imbang, sisanya 17 laga berakhir dengan kekalahan.

Mourinho baru saja membawa MU menembus perempatfinal Piala FA. Di Premier League, Setan Merah bercokol di peringkat dua dengan 56 poin dari 27 laga, selisih 16 poin dari Manchester City yang menduduki puncak klasemen.

Dengan sederet pengalaman di berbagai klub papan atas Eropa, tentunya Mourinho tak mau menanggung malu. Dia siap membawa MU meraih kemenangan di markas Sevilla.

Lantas, bagaimana rekor pertemuan antara MU dan Sevilla? Seperti dilansir Soccerway, laga Kamis dini hari nanti, merupakan pertemuan pertama kedua tim di laga resmi.

Sebelumnya, pada 10 Agustus 2013, MU menjamu Sevilla di laga persahabatan. Sevilla sukses menang 3-1 dalam laga yang berlangsung di Old Trafford.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya