Mereka yang Ada di Balik Keganasan Simic

Striker Persija Jakarta, Marko Simic (bawah), merayakan gol yang dicetaknya
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Selama ini, kita hanya tahu Marko Simic jadi pemain terganas bagi Persija Jakarta dan perannya begitu penting. Tapi, kita lupa, kinerja Simic tak akan maksimal jika tak diiringi oleh kinerja apik dari rekan-rekannya.

Pelatih Persija Akui Keganasan Borneo FC

Ditinjau lebih jauh, Simic sebenarnya adalah striker yang bertipe oportunis. Bola-bola matang merupakan santapan favorit Simic.

Tak mungkin, Simic bisa menciptakannya sendiri. Pastinya, ada "pelayan" setia Simic di setiap pertandingan.

Persija Kalah Beruntun di 3 Pertandingan, Ini Kata Pelatih

Sosok "pelayan" bagi Simic di Persija tak cuma satu orang. Dalam skema 4-3-3 milik Stefano Cugurra Rodrigues, kinerja Simic, dalam ajang Liga 1 dan AFC Cup, rata-rata disokong oleh Ramdani Lestaluhu, Ismed Sofyan, Rezaldi Hehanusa, dan Riko Simanjuntak.

Keempatnya sudah memberikan assist kepada Simic di ajang Liga 1 atau AFC Cup. Dan karena pelayanan mereka, Simic mampu menjadi salah satu penyerang tertajam di Liga 1 atau AFC Cup.

Pelatih Persija Setuju Syahrian Abimanyu Kena Kartu Merah Lawan Borneo

"Simic penyerang yang komplet. Sundulan atau tendangan, dia bisa cetak gol lewat dua situasi itu," kata Ismed kepada VIVA.

Memiliki sifat natural yang oportunis, pemain asal Kroasia itu tak selamanya bermain malas. Ismed menilai, Simic punya daya juang yang tinggi.

"Terbukti, saat kami berikan bola daerah, dia mau lari. Simic penyerang yang unik dan kami tak sulit beri umpan kepadanya," ujar Ismed.

Jeli Lihat Peluang

Pendapat Ismed diamini oleh Riko. Saat bermain bersama Simic, Riko selalu percaya diri usai beri umpan kepadanya.

Menurut eks pemain Semen Padang itu, meski sempit, Simic bisa melihat peluang untuk mencetak gol.

"Gayanya seorang goal getter murni. Lihat peluang sedikit, bias dijadikan gol. Itu membuat kami termotivasi," ujar Riko.

Rahasia dari mudahnya Riko, Ismed, Ramdani, dan Rezaldi, dalam memahami bola favorit Simic ada di luar lapangan. Ketika bersantai, Simic selalu berbincang dengan mereka dan pemain lainnya, memberi pengertian tentang bagaimana bola yang jadi favoritnya.

"Jadi, kami cepat mengerti dan mudah beradaptasi dengannya. Di lapangan, Simic juga seorang pekerja keras dan selalu mau membantu tim," terang Riko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya