Pelajaran Mendasar Pelatih Persipura untuk Pesepakbola U-14

Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago
Sumber :
  • VLIX.ID / Purna Karyanto

VIVA – Di sela kesibukan jelang bergulirnya Liga 1 2020, pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago menyempatkan diri untuk hadir dalam coaching clinic di GOR Ciracas, Jakarta Timur. Pesertanya adalah pesepakbola usia 14 tahun.

Tanpa Gol di Laga Persipura Jayapura Vs PSM Makassar

Ada 16 Sekolah Sepakbola (SSB) se-Jabodetabek yang terpilih untuk ikut dalam coaching clinic tersebut. Penggagas acara ini adalah PT Freeport Indonesia.

(Baca juga: Persipura Buka Jalan Bermarkas di Stadion Klabat Manado)

Preview Pertandingan Liga 1: Persikabo vs Persipura Jayapura

Di sesi awal, Jacksen memberikan tiga tips dan trik untuk membantu para peserta agar bisa meraih mimpi berkarier sebagai profesional. Yang pertama adalah disiplin dalam segala hal, terutama berlatih.

Selanjutnya ditekankan Jacksen para pemain harus memiliki kemauan keras untuk menggapai impian. Yang terakhir, diingatkan untuk selalu berserah diri kepada Tuhan yang akan menjadi penentu nasib.

Persipura Jayapura Masih Berada di Zona Degradasi Usai Bungkam Borneo

“Saya akan fokus pada sentuhan pertama, sebab hal tersebut merupakan hal-hal mendasar yang dapat membantu mereka bermain dengan lebih sederhana dan mudah,” ucap Jacksen.

Jacksen memimpin langsung coaching clinic selama satu jam. Para peserta begitu antusias mengikuti arahan yang diberikan juru taktik asal Brasil tersebut.

“Saya senang sekali bisa mendapat ilmu dari Coach Jacksen secara langsung, terutama mengenai teknik mendapatkan bola dari teman satu tim, kemudian mengarahkan bola tersebut langsung ke arah gawang lawan," kata Naufal Mailano dari SSB Big Stars Babek FA.

Apa yang diutarakan Naufal memang benar adanya. Karena pada kesempatan itu, Jacksen tak sungkan mengoreksi secara langsung jika ada peserta yang keliru dalam menjalankan instruksinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya