Ricuh di SUGBK, Diawali Provokasi Suporter Malaysia?

Keributan suporter di Stadiun GBK Jakarta usai Tim Indonesia kalah dari Malaysia, Kamis malam 5 September 2019
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Luka Indonesia semakin sempurna saat menderita kekalahan 2-3 dari Malaysia dalam laga pembuka Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. 

Bung Towel Kasih 3 'Kisi-kisi' Supaya Timnas Indonesia Menang dari Uzbekistan

Pada laga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis 5 September 2019, terjadi kericuhan antara suporter Timnas Indonesia dengan pendukung Harimau Malaya.

Panasnya gesekan membuat pertandingan sempat dihentikan sekitar 10 menit, tepatnya ketika laga memasuki menit ke-72 dan posisinya Malaysia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2. 

Bung Towel Yakin Timnas Indonesia Menang dari Uzbekistan: Asal Gak Kebobolan Duluan

Ketika itu, beberapa suporter Indonesia di tribune selatan melompat ke area jogging track. Mereka kemudian berlari menuju tribune Malaysia untuk menyerang.

Suporter Indonesia yang berada di atas tribune Malaysia melempar smoke bomb. Imbas dari lemparan smoke bomb, suporter wanita di tribune Malaysia dievakuasi.

Erick Thohir Minta Doa Rakyat untuk Kemenangan Timnas Indonesia atas Uzbekistan

Belakangan ini beredar video yang diduga kejadian sebelum pecahnya keributan. Dalam video tersebut, suporter Malaysia terlihat melakukan provokasi kepada suporter Indonesia. Mereka merayakan gol sambil berjingkrak dan menginjak-injak kursi stadion. 

>

Tak sampai di situ, ekspresi beberapa suporter Malaysia tersebut terlihat meledak-ledak. Mereka berselebrasi sambil teriak ke arah tribune suporter Indonesia.

Selain itu, ada juga video yang memperlihatkan suporter Malaysia melakukan tindakan vandalisme di SUGBK. Mereka menempelkan puluhan stiker 'Ultras Malaysia' di pagar pembatas tribune tim tamu.

>

Kericuhan di Indonesia versus Malaysia ini tentunya harus disikapi secara bijak. Sebab, tak semua suporter Indonesia yang mencoba menyerang suporter Malaysia. 

Bisa saja, jika suporter Malaysia tidak melakukan provokasi, kericuhan besar tidak akan terjadi seperti itu. Apalagi, kebiasaan suporter Indonesia sebelum-sebelumnya, yang selalu dengan nyaring mencemooh lagu kebangsaan Malaysia tidak terdengar lagi pada laga itu.

Di satu sisi, pemerintah Indonesia melalui Menteri pemuda olahraga (Menpora), Imam Nahrawi sudah secara langsung menyampaikan permohonan maaf kepada Menpora Malaysia, Syed Syaddiq.

Lihat momen memalukan suporter Timnas Indonesia serang suporter Malaysia dalam MATCHDAY VLOG di bawah ini:

>
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya