Indonesia ke Final Piala Dunia U-20, Mimpi Ketinggian atau Terwujud?

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-19
Sumber :
  • Dok. PSSI

VIVA – "Kami tak mau penyelenggaraannya sukses, tapi prestasi tim jauh dari keinginan, jangan sampai. Paling tidak, bisa final atau semifinal juga Alhamdulillah," kata Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, baru-baru ini.

Mantan Kapten Timnas Indonesia U-19, Nurhidayat Gabung Klub Filipina

Pernyataan Jokowi tentu menimbulkan pertanyaan di benak publik sepakbola nasional. Apa memang, Indonesia bisa?

Dalam kondisi sekarang, impian lolos ke final Piala Dunia U-20 sangat sulit diwujudkan. Bahkan, hampir mustahil.

Respons PSSI Usai Dokter Gadungan Timnas Indonesia dan Klub Liga 1 Ditangkap

Indonesia sampai sekarang saja belum memiliki skema pembinaan yang benar-benar mantap. Format pembinaan masih kacau balau, pun dengan praktiknya.

Beda dengan negara lain, yang sudah tancap gas. Jangan jauh-jauh, Thailand saja sudah menerapkan skema pembinaan sepakbola berjenjang dan begitu rapi. Pun, hasilnya sudah terlihat karena mereka konsisten berprestasi di kawasan ASEAN hingga Asia.

Timnas Indonesia U-19 Panggil 34 Pemain Jalani TC Persiapan AFF U-19, Berikut Daftar Lengkapnya!

Vietnam juga demikian. Prestasi mereka di pentas internasional juga cukup membuat Indonesia merinding.

Tak cuma harus melihat fakta tersebut. Kontestan Piala Dunia U-20 lainnya juga memiliki prestasi dan dijejali pemain berkualitas.

Gabriel Martinelli, Ansu Fati, Erling Braut Haaland, Callum Hudson-Odoi, Takefusa Kubo, dan wonderkid yang sedang merumput di Eropa lainnya, bisa saja bermain di Piala Dunia U-20 2021, Indonesia, nanti. Melihat peta persaingan macam ini, agak sulit membayangkan Indonesia, yang nantinya diwakili para pemain Timnas U-19 sekarang, bisa masuk final.

Tengok saja saat Indonesia main di Piala Dunia Junior 1979, lawannya adalah Argentina yang diperkuat Diego Maradona. Tergabung di Grup B, Indonesia saat itu hancur lebur, tak raih poin dan kebobolan 16 kali tanpa mencetak satu gol pun.

"Ekspektasi kami dengan masyarakat sama. Kami begitu peduli terhadap tim Indonesia, menyampaikan bagaimana ekspektasi masyarakat terhadap mereka," kata Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali.

"Kami mau agar sepakbola, khususnya tim Indonesia, masuk di hati masyarakat. Sehingga, bisa menjadi tim yang dibanggakan. Pak Presiden, juga menyatakan, saat Piala Dunia U-20, jangan sampai jadi penyelenggara saja. Sampai fase grup, selesai. Berat memang, tapi kami harus bisa, punya mimpi menuju prestasi terbaik," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya