Alasan Persib Tunjuk Febri Hariyadi Jadi Eksekutor Penalti

Winger Persib Bandung, Febri Hariyadi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc.

VIVA – Persib Bandung sukses mengamankan poin penuh setelah mengalahkan PSIS Semarang 2-1 dalam lanjutan Liga 1. Laga tersebut digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Rabu 6 November 2019. 

Bantai Bali United, Persib Bandung Tembus Final Championship Series Liga 1

Dua gol Persib dicetak Ezechiel N'Douassel menit ke 10 dan eksekusi penalti Febri Hariyadi menit 73. Sedangkan, gol PSIS dicetak Bruno Silva menit ke-53. 

Ezechiel sebenarnya bisa mencetak dua gol di laga tersebut, andai dia bersedia menjadi algojo penalti. Namun, kapten Timnas Chad ini memilih untuk menyerahkan tendangan tersebut kepada pemain lain. 

Persib Bandung 2 Kali Jebol Gawang Bali United, Satu Langkah ke Final!

Juru taktik Persib, Robert Rene Alberts, yang melihat situasi tersebut langsung berdiskusi dengan kapten tim, Supardi Nasir di pinggir lapangan. Hasilnya, Robert memutuskan untuk menunjuk Febri yang menjadi eksekutor. 

"Dia (Febri) seperti sedang menunjukan 'ini giliran saya' dan setelah berdiskusi dengan kapten akhirnya memilihnya," ujar Robert usai laga. 

Baru Tiba di Paris, Alfeandra Dewangga Geber Persiapan Jinakkan Guinea

Pelatih berkebangsaan Belanda ini, tidak sembarangan memilih Febri sebagai penendang 12 pas. Menurut dia, ada beberapa pertimbangan sehingga dia lebih setuju kepada Febri. 

"Pada dasarnya kami kerap melakukan latihan penalti. Dan setiap saat kami juga melihat siapa pemain yang layak untuk mengambil penalti dan melihat siapa yang merasa nyaman di pertandingan," jelasnya. 

"Kami punya 3-4 pemain sebagai opsi siapa yang akan menjadi eksekutor dan Ezechiel tadi memang terlihat tidak tertarik karena dia sudah gagal dalam dua penalti," tutur Robert. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya