Turnamen Sepakbola Usia Muda Internasional Pertama di Indonesia Hadir

Pembukaan Jakarta Seven Soccer (J7s)
Sumber :
  • VIVAnews/Pratama Yudha

VIVA – Akhir pekan ini, Jakarta akan diramaikan dengan turnamen sepakbola usia muda bertaraf internasional pertama di Indonesia. Turnamen tersebut bertajuk Jakarta Seven Soccer (J7s) yang bertempat di Persija Academy Football Field (PAFF), Pulomas, Jakarta, 23-24 November 2019.

Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3

Turnamen yang diselenggarakan oleh INAFOOTBALL ini akan menghelat sepakbola dengan format 7 lawan 7. Sebanyak 36 tim dari tiga kategori usia, yakni U-10, U-12, dan U-14, dipastikan ambil bagian dari event ini.

Selayaknya turnamen internasional, tim-tim yang berlaga di sini tak hanya berasal dari Indonesia. Tapi, juga dari luar negeri. Tercatat, ada 11 tim asing yang ikut serta mulai dari Singapura, Vietnam, dan Malaysia.

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

Managing Director INAFOOTBALL, Suhendra Marjuki, menjelaskan jika perhelatan ini sebagai bentuk dari kontribusi mendukung Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Persepakbolaan Nasional. Selain itu, dia ingin agar tim-tim usia muda Indonesia tak harus ke luar negeri untuk merasakan persaingan dengan tim asing.

"Terkait pengalaman saya di beberapa negara melihat turnamen-turnamen internasional di China, Malaysia, Singapura, saya melihat tim-tim Indonesia sangat antusias. Bahkan, bisa separuhnya tim Indonesia. Maka itu, saya ingin memberi kesempatan agar tim-tim ini bisa melawan tim asing di rumah sendiri," kata Suhendra kepada wartawan dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa 19 November 2019.

Indra Sjafri Disuruh Iwan Bule Jujur Soal PSSI, Jawabannya Mengejutkan

"Selain itu kegiatan ini bisa menjadi kegiatan tahunan di kota Jakarta sebagai ibukota negara, agar memiliki sebuah kegiatan pembinaan sepak bola usia muda tingkat internasional yang apresiatif, menjadi sebuah signature event berkonsep sport tourism bergengsi, dan menjadi daya tarik bagi wisatawan Internasional untuk mengunjungi Indonesia," ujarnya.

Kegiatan ini ternyata tak berdiri sendiri. Pihak panitia penyelenggara telah mendapat dukungan langsung dari PSSI. Seperti diungkapkan oleh Novari Ikhsan sebagai perwakilan Komite Wasit Asosiasi Provinsi DKI Jakarta.

Sebagai bentuk dukungan nyata, PSSI akan membantu turnamen ini dengan mengirimkan sejumlah wasit yang biasa memimpin pertandingan di Elite Pro Academy Liga 1 U-16 hingga U-20.

"Yang bertugas besok rata-rata wasit DKI yang pimpin di EPA U-16, U-18, dan U-20. itu yang kami berikan untuk ajang ini," ucap Novari.

Seperti turnamen usia muda kebanyakan, J7S tak akan memberikan hadiah uang tunai pada pemenang dari turnamen ini. Pemenang dari event ini akan diberikan hadiah dalam bentuk lain demi menjaga mindset para talenta muda agar tak melulu soal uang. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya