'Strategi Intel' Vietnam Terbukti Ampuh Buat Timnas U-22 Terkapar

Timnas U-22 hadapi Vietnam
Sumber :
  • PSSI dok

VIVA – Kekalahan yang diterima oleh Timnas Indonesia U-22 dari Vietnam kembali membuktikan jika strategi intel yang digunakan oleh Vietnam berjalan mulus. Ini sudah dua kali secara beruntun, Indonesia menjadi korban. 

Timnas Indonesia 'Gendong' Asia Tenggara di Semifinal Piala Asia U-23

Skuat asuhan Indra Sjafri mengalami kekalahan perdananya di ajang SEA Games 2019, Minggu 1 Desember 2019. Mereka takluk dengan skor 1-2. 

Dalam laga yang dihelat di Stadion Rizal Memorial, Indonesia awalnya mampu meladeni permainan lawan. Sayang setelah gol perdana diciptakan, skuat asuhan Indra Sjafri lebih banyak tertekan. 

5 Dampak Negatif Gegara Kecanduan Game Online, Bisa Ganggu Fisik dan Mental

Vietnam setelah itu mendominasi pertandingan dan akhirnya berbalik unggul. 

Dan fakta lain terungkap, jika kemenangan Vietnam disinyalir hasil dari strategi intel yang dilakukannya. Sebelumnya, aktor utama Vietnam yaitu sang pelatih, Park Hang-seo tertangkap kamera melakukan aksi mata-mata saat Indonesia menghadapi Thailand. 

Man Utd Krisis! Ten Hag Dihujani Kritik Pedas Ian Wright Gegara Dua Keputusan Fatal

Bermodalkan buku kecil, dia memantau permainan skuat asuhan Indra Sjafri. Dia mencatat untuk dijadikan bahan  untuk mempelajari peta kekuatan lawan.

Sebelumnya, Indonesia juga mengalami kekalahan buntut strategi yang dilakukan Park Hang-seo. Itu terjadi saat pria yang juga melatih Vietnam senior ini berjuang di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022. 

Dia bahkan sempat membeberkan kepada media, mengenai siapa saja calon pemain yang wajib diwaspadai skuatnya. Hasilnya, Indonesia tidak bisa berkutik dan akhirnya menyerah dengan skor 1-3. 

Kemenangan yang didapat Vietnam di ajang SEA Games memudahkan jalan mereka untuk lolos ke babak semifinal. Mereka sementara memuncaki klasemen Grup B dengan total sembilan poin dari tiga laga. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya