Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Banyak Stadion yang Naik Kelas

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • Cahyo Edi/VIVAnews.

VIVA – Dampak nyata dari ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 mendatang, akan segera terasa. Instruksi dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, agar stadion yang akan jadi venue hajatan tersebut sudah keluar.

Pesan Jokowi ke Menko PMK Muhadjir: Gudang Pangan di Papua Diisi Makanan Khas Lokal

Ada 10 stadion yang sudah diajukan sebagai venue Piala Dunia U-20. Enam venue merupakan stadion utama, dan sisanya berstatus cadangan.

Jokowi tak mau, Indonesia malu sebagai tuan rumah. Maka dari itu, perlu ada pembenahan dalam seluruh aspek di stadion yang akan digunakan sebagai venue.

Jokowi Serahkan Sertifikat Tanah Elektronik ke Warga Banyuwangi

"Harus benar-benar representatif, karena pertandingan kelas dunia. Seluruh aspek, mulai dari lingkungan, lapangan, ruang ganti, kursi tribun, toilet, hingga ruang pers, harus berkelas dunia," ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun meminta agar seluruh Kementerian yang terlibat, bisa langsung mengecek kekurangan di stadion calon venue Piala Dunia U-20.

Jokowi Tawarkan CEO Microsoft Bangun Pusat Riset Teknologi di IKN

Andai ada yang perlu direnovasi, Jokowi berharap mereka tak ragu untuk mengajukan proposal ke pemerintah pusat. "Jadi, disiapkan dengan serius, agar bisa digunakan di 2021 mendatang," terang Jokowi.

Bukan cuma ingin stadion cantik, Jokowi juga berharap masalah layanan transportasi diperhatikan. Dia tak ingin, isu kemacetan menjadi kendala bagi tim peserta dan dibahas di media-media internasional.

"Ini momen penting untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah bangsa besar dan negara maju yang mampu melaksanakan event internasional dengan sangat baik," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya