Indonesia Dilibas Bulgaria di Laga Perdana Turnamen Internasional

Timnas Indonesia U-19 saat latihan di Kroasia
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – Timnas Indonesia U-19 menjalani turnamen internasional yang masuk dalam rangkaian pemusatan latihan (TC) di Kroasia. Bersua Bulgaria U-19 di laga perdana, Tim Merah Putih dilibas 0-3.

Mantan Kapten Timnas Indonesia U-19, Nurhidayat Gabung Klub Filipina

Berlangsung di Stadion Igraliste NK Polet, Sveti Martin na Mauri, Sabtu 5 September 2020, Timnas U-19 menggunakan kostum putih-hijau. Di awal, pemain Bulgaria lebih banyak melakukan serangan.

Hingga menit 30, Indonesia masih sulit keluar dari tekanan Bulgaria. Beruntung, penyelesaian akhir yang buruk dan solidnya lini pertahanan Tim Merah Putih membuat gawang Muhammad Adi Satryo masih aman.

Respons PSSI Usai Dokter Gadungan Timnas Indonesia dan Klub Liga 1 Ditangkap

Statistik Indonesia sangat buruk di babak pertama. Mereka lebih banyak bertahan dan cuma melepaskan satu tembakan. Garuda Nusantara juga hanya mencatatkan 28 persen penguasaan bola. Skor kacamata menghiasi babak pertama.

Indonesia coba memanfaatkan strategi bola-bola pendek untuk maju menekan pertahanan lawan di awal babak kedua. Namun, usaha anak-anak asuh Shin Tae-yong masih bisa diredam tim lawan.

Timnas Indonesia U-19 Panggil 34 Pemain Jalani TC Persiapan AFF U-19, Berikut Daftar Lengkapnya!

Peluang bersih didapatkan Bulgaria di menit 53. Lagi-lagi lewat tendangan bebas. Tapi, tendangan mendatar yang dilepaskan masih bisa ditangkap dengan sempurna oleh Adi Satryo.

Terlihat, skuad Garuda Nusantara lebih berani menyerang ketimbang babak pertama. Ada usaha untuk menusuk ke kotak penalti lawan meski masih belum membahayakan gawang Bulgaria.

Duel semakin hidup memasuki satu jam laga berjalan. Kedua tim silih berganti melakukan serangan demi mencari gol pertama.

Peluang didapat Bulgaria di menit 64. Martin Petkov masuk ke kotak penalti dan melepaskan tembakan mengarah ke gawang. Lagi-lagi, Adi Satryo tampil prima dengan menangkap tembakan tersebut.

Tekanan Bulgaria hampir saja membuahkan hasil di menit 66. Beruntung, Komang Tri Arta Wiguna mampu menghalau bola yang tinggal masuk ke gawang.

Gol akhirnya tercipta di menit 78. Namun, bukan untuk Tim Merah Putih. Justru, Bulgaria yang mampu memecah kebuntuan lewat tandukan Martin Petkov memanfaatkan umpan tendangan bebas.

Indonesia mengancam gawang Bulgaria di menit 81. Umpan silang Pratama Arhan Alif Rifai mengarah ke tengah kotak penalti namun gagal disambut oleh Mochammad Supriadi.

Kegagalan Garuda Nusantara mencetak gol dimanfaatkan benar oleh Bulgaria untuk menambah gol. Hanya dalam dua menit, Bulgaria mencetak dua gol lewat tendangan Stanislav Shopov di menit 83 dan gol kedua Petkov di menit 84.

Tak ada lagi gol tercipta hingga akhir laga. Indonesia terpaksa menyerah tiga gol tanpa balas di laga perdana turnamen internasional.

Susunan pemain

Bulgaria U-19: Ivan Dichevski (PG); Georgi Aleksandrov, Kristian Dobrev (Yoan Baurenski 22'), Aleksandar Todorov, Stanislav Shopov, Pavel Georgiev, Hristiyan Petrov, Tomislav Papazov, Dimitar Tonev, Dimitar Zhekov, Martin Petkov.

Indonesia U-19: Muhammad Adi Satryo (PG); Bayu Mohammad Fiqri, Komang Tri Arta Wiguna, Rizky Ridho Ramadhani, Mochamad Yudha Febrian (Pratama Arhan Alif Rifai 58'), Andi Irfan (Mochammad Supriadi 58'), David Maulana, Komang Teguh Trisnanda, Witan Sulaeman, Saddam Emiruddin Gaffar, Irfan Jauhari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya