Regulasi Terbaru Liga 1 2020, Pemain Asing Enak Banget

Salah satu pemain asing di Liga 1, Wander Luiz milik Persib.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww.

VIVA – Pemain asing yang ingin bermain di Liga 1 2020 mendapatkan angin segar dari perubahan regulasi yang baru saja dikeluarkan operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Resmi, Liga 1 Kembali Bergulir pada 15 April 2024

Dalam regulasi terbaru Liga 1 2020, LIB meniadakan persyaratan pemain asing yang sebelumnya tertuang dalam pasal 29. Sebelumnya, LIB dan PSSI memiliki standar untuk pemain asing yang bisa bermain di Liga 1.

Baca juga: 2 Pekan Jelang Liga 1, LIB Sowan ke Asops Kapolri

PSS Sleman Sayangkan Penghentian Liga 1 Secara Mendadak

Misalnya, pemain dari Liga Jepang minimal harus bermain di kasta pertama atau kedua di klub sebelumnya. Sementara pemain-pemain dari Konfederasi UEFA seperti Spanyol dan Inggris boleh berasal dari kompetisi kasta pertama hingga ketiga.

Striker Persija Jakarta, Marko Simic.

PSSI Setuju Amandemen Regulasi Pemain U-23 di Liga 1

Selain itu, pemain asing itu juga wajib bermain sekurang-kurangnya 25 persen pertandingan dari total 1 musim kompetisi di klub asalnya. Nah, pada regulasi terbaru, LIB merevisinya di pasal ke 30 yang berbunyi. 

"Pemain asing yang bermain pada lanjutan kompetisi dalam keadaan luar biasa tahun 2020 tidak wajib memenuhi kriteria strata kompetisi dari klub asal," tulis ayat pertama Pasal 30.

"Pemain asing yang bermain pada lanjutan kompetisi dalam keadaan luar bisa tahun 2020 tidak wajib membuktikan bahwa yang bersangkutan bermain sekurangkurangnya 25 persen pertandingan dari total pertandingan resmi selama 1 musim
kompetisi," bunyi di ayat kedua Pasal 30

Dengan demikian, pemain-pemain asing yang ingin mencoba peruntungannya di Indonesia bisa datang dengan mudah. Praktis, tak ada penyaringan pemain yang artinya asalkan pemain dari luar negeri, bisa bermain di Liga 1 jika klub mau menerimanya.

Di sisi lain, PSSI menggeser kalender Transfer Matching System (TMS) dari 20 Juli-19 Agustus ke 21 September-10 Oktober.

Pemain Persebaya Surabaya, Irfan Jaya, Mahmoud Eid, David Da Silva

Pergeseran ini tak lepas dari pandemi virus Corona COVID-19 yang mana kompetisi juga ditangguhkan sekitar enam bulan, atau terhitung sejak Maret 2020.

Namun, LIB malah membuka bursa transfer kedua kompetisi sepakbola Indonesia pada 1-23 Desember. Artinya, meski pemain asing nantinya sudah didatangkan pada 21 September-10 Oktober, mereka baru bisa bermain di Liga 1 2020 mulai 1-23 Desember.

Liga 1 akan kembali bergulir pada 1 Oktober 2020. PSS Sleman kontra Persebaya Surabaya akan menjadi laga pembuka. Duel ini bakal digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya