Shin Tae-yong: Fisik Pemain Timnas Indonesia U-19 Belum Maksimal

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong menilai kemampuan fisik anak asuhnya masih kurang. Dia mengatakan itu jelang beruji coba melawan NK Dugopolje U-19 di Stadion NK Uskok Klis, Split, Kroasia pada Kamis malam WIB 8 Oktober 2020.

Yang Bikin Shin Tae-yong Terusik saat Indonesia Kalahkan Korea Selatan

Sudah sebulan lebih Timnas Indonesia U-19 menjalani pemusatan latihan di Kroasia. Mereka telah menjalani tujuh pertandingan uji coba melawan tim yang kualitasnya bagus.

Baca juga: Timnas Indonesia U-19 Pertajam Fokus Latihan Jelang Lawan NK Dugopolje

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Tae-yong juga menggenjot anak asuhnya untuk berlatih tiga kali sehari di awal kedatangan. Namun, perlahan dia menurunkan intensitas agar di tengah padatnya jadwal uji coba, pemain terhindari dari cedera.

"Untuk fisik pemain sebenarnya masih kurang dan kami ingin tingkatkan," ujar juru taktik asal Korea Selatan itu, dikutip dari PSSI TV.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Meski begitu, Tae-yong enggan terlalu memaksa anak asuhnya diberi latihan fisik untuk sekarang ini. Karena di periode Oktober 2020, mereka juga punya agenda uji coba sebanyak enam kali.

Tae-yong membuka kemungkinan untuk memoles fisik Witan Sulaeman dan kawan-kawan dalam jangka panjang. Bisa saja dilakukan ketika mereka kembali ke Jakarta nanti.

"Namun, fisik nanti secara berkelanjutan, bisa ditingkatkan di Jakarta atau pemusatan latihan selanjutnya," imbuhnya.

Tae-yong begitu fokus dalam memperbaiki segala kekurangan yang ada dalam Timnas Indonesia U-19. Kerja maksimal mesti dilanjutkan, karena tim ini yang diproyeksikan tampil di Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Baca juga: Timnas Indonesia U-19 Latihan Gendong-gendongan

Upaya Tae-yong dan jajaran pelatih Timnas Indonesia U-19 lainnya tidaklah mudah. Banyak faktor yang mesti dibenahi. Belakangan ini mereka juga fokus dalam penguatan tubuh para pemain.

Pelatih berusia 51 tahun tersebut melakukan evaluasi ketika Timnas Indonesia U-19 menjalani uji coba pada September 2020. Terlihat bagaimana para pemain kerap kesulitan berduel dengan lawan yang posturnya lebih besar.

Latihan di gym untuk angkat beban pun dilakukan. Dan beberapa hari lalu, Timnas Indonesia U-19 menjalani latihan penguatan tubuh di lapangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya