Kronologi Syahrian Abimanyu Gabung Johor Darul Ta'zim 

Pemain Indonesia merapat ke JDT, Syahrian Abimanyu
Sumber :
  • twitter JDT

VIVA – Syahrian Abimanyu telah resmi diperkenalkan sebagai rekrutan teranyar Johor Darul Ta'zim pada Rabu 23 Desember 2020. Syahrian didatangkan dari Madura United dan diikat kontrak berdurasi 3,5 tahun.

Debut Berkesan Syahrian Abimanyu Bersama Persija Jakarta

Namun, pemilik JDT, Tunku Ismail Idris, menyebut bahwa Syahrian tidak akan membela JDT II atau JDT di musim 2021.

Pemain 21 tahun tersebut nantinya akan dipinjmakan ke klub lain di luar Malaysia. Kemungkinan besar JDT akan meminjamkan Syahrian Abimanyu ke klub Eropa.

Syahrian Abimanyu: Semua Pasti Mau Main di Persija

Lantas bagaimana proses Syahrian dapat bergabung dengan raksasa Liga Super Malaysia itu? Anak dari asisten pelatih Madura United, Rasiman, tersebut menceritakan momen pertama JDT memberikan tawaran kepadanya.

Syahrian Abimanyu Adalah Proyek Masa Depan Persija

Tawaran resmi dari JDT datang setelah kontraknya habis bersama Madura United 9 Desember kemarin. Sejatinya, MU berencana ingin memperpanjang kontrak Syahrian, namun lantaran lanjutan Liga 1 2020 tak jelas, MU dengan ikhlas melepas pemain kelahiran Banjarnegara, Jawa Tengah itu.

Syahrian menyebut JDT sudah mengamati gerak-geriknya sejak beberapa tahun yang lalu. Selain itu juga ada campur tangan dari mantan pemain Arema FC yang juga pemain JDT, yakni Kiko Insa.

"Prosesnya dari beberapa tahun yang lalu, saya sudah diamati oleh JDT, kebetulan ada (Kiko) Insa bersaudara di sana dan dua minggu lalu mereka mengirimkan surat bahwa tertarik dengan saya," kata Syahrian, Kamis 24 Desember 2020.

Syahrian mengungkapkan, dia tak butuh waktu lama untuk menerima tawaran itu. Setelah berkonsultasi dengan keluarga, Syahrian langsung menandatangani kontrak.

“Tanpa pikir panjang, saya langsung berkonsultasi dengan keluarga dan menandatangani kontrak dengan JDT," ucapnya.

"Saya ingin mengucapkan kepada bos TMJ untuk memberi kesempatan saya untuk bergabung ke JDT Family dan yang terakhir untuk Insa Project, Kiko Insa yang membantu saya pindah ke JDT," sambungnya.

Sementara itu, terkait dirinya yang akan langsung dipinjamkan di tahun pertama oleh JDT, Syahrian mengaku tidak masalah.

"Saya tidak ada masalah (dipinjamkan) karena itu kebijakan pemilik JDT," kata Syahrian dalam video resmi JDT, Kamis 24 Desember 2020.

"Terpenting bagi saya sekarang ini mendapatkan menit bermain yang banyak agar bisa membantu tim dan juga timnas Indonesia," sambungnya.

Syahrian mencetak sejarah. Dia menjadi pemain Indonesia pertama yang membela JDT. Tim berjuluk Harimau Selatan selama ini memang jarang menggunakan pemain dari Asia Tenggara. 

Sejauh ini baru ada empat pemain asal Asia Tenggara yakni Singapura yang pernah mempekuat JDT yakni Harris Harun, Shahril Ishak, Baihakki Khaizan, dan Hafiz Sujad.

Bergabungnya Syahrian ke JDT menambah banyak daftar pesepakbola Indonesia yang berkiprah di luar negeri. Sebelumnya, sudah ada Yanto Basna, Ryuji Utomo, Egy Maulana Vikri, dan Witan Sulaeman yang mentas di Asia maupun Eropa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya