Leeds United dan West Ham Kejar Elkan Baggott

Elkan Baggott jalani debut di Timnas Indonesia U-19
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Bek Timnas Indonesia U-19, Elkan Baggott dikabarkan tengah menjadi buruan dua tim Premier League yaitu West Ham United dan Leeds United.

Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

Kontrak Elkan bersama klub League One, Ipswich Town akan berakhir pada 30 Juni 2021. Pemain darah campuran Indonesia-Inggris itu dikabarkan telah menolak tawaran perpanjangan kontrak dari Ipswich.

Football Insider mengklaim Leeds dan West Ham paling serius untuk meminang Elkan. Pemain kelahiran 23 Oktober 2002 itu disebut sebagai pemain muda dengan potensi yang besar.

Terpopuler: Jojo Rusak Pesta China, Elkan Baggott Menggila

Apalagi, di usia yang baru 18 tahun, Elkan sudah melakukan debut tim utama Ipswich, saat melawan Gillingham di Piala EFL pada bulan Oktober 2020 kemarin.

Elkan Baggott Menggila, Cetak Gol dan Bawa Bristol Rovers Pecundangi Mantan Klubnya

Lantas, mungkinkah Elkan bisa bermain di Premier League. Menurut peraturan, Premier League memiliki dua jalan mengenai pembatasan izin kerja untuk pemain dari non-Eropa.

Pertama, pemain non-Eropa yang ingin berkarier di Premier League harus berasal dari negara yang berada dalam 70 besar peringkat FIFA, serta telah bermain dalam 75 persen pertandingan di timnas dalam laga internasional, minimal dua tahun.

Cara ini tentu tidak mungkin ditempuh Elkan. Lihat saja, posisi Indonesia di peringkat FIFA berada di urutan ke-173 per rilis Desember 2020.

Photo :
  • The Sun

Jalan kedua yakni Homegrown Player. Cara ini bisa ditempuh oleh Elkan. Homegrown Player merupakan pemain yang sejak kecil bermain di klub manapun yang terafiliasi FA Inggris maupun Wales, selama 3 musim atau 36 bulan sebelum ulang tahunnya yang ke-21.

Nah, Elkan sendiri sudah bergabung ke Ipswich selama 3,5 tahun dengan bergabung Ipswich Town U-14


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya