Stadion Kanjuruhan Malang Sudah Oke, Piala Menpora Siap Digelar

Panitia PIala Menpora inspeksi Stadion Kanjuruhan Malang.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion Manahan (Solo), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), dan Stadion Kanjuruhan (Malang) telah ditetapkan sebagai empat stadion yang akan digunakan sebagai venue babak penyisihan grup turnamen Piala Menpora 2021.

Rumput Stadion Kanjuruhan Terbakar Usai Doa Bersama, Warganet: Peringati Tragedi Jadi Tragedi

Untuk memantau kesiapan turnamen, pada pekan lalu, Organizing Committee (OC) Piala Menpora 2021 sudah meninjau langsung kondisi Stadion Si Jalak Harupat dan juga berkomunikasi dengan pengelola Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Kemudian pada Rabu 10 Maret 2021 meninjau Stadion Maguwoharjo dan Stadion Manahan.

Sedangkan untuk peninjauan di Stadion Kanjuruhan, dilakukan pada Kamis siang 11 Maret 2021. Ketua OC Piala Menpora 2021, Akhmad Hadian Lukita dan wakil Ketua OC, Sudjarno datang langsung ke stadion yang menjadi home base Arema FC tersebut. Dalam peninjauan itu, Akhmad Hadian Lukita dan Sudjarno ditemani Abdul Haris, Ketua Local Organizing Committee (LOC) Malang.    

1 Tahun Tragedi Kanjuruhan, JSKK: Duka Berlarut dan Impunitas yang Tak Surut

“Kami mencoba melihat kondisi teraktual dari Stadion Kanjuruhan. Hasilnya, tidak banyak yang perlu diperbaiki dari stadion tersebut. Semua kondisinya masih sama dengan setahun terakhir,” jelas Akhmad Hadian Lukita.

Photo :
  • Istimewa
Apsumsi Gelar Turnamen Sepakbola Piala Menpora U-13, 16 Tim Bersaing Raih Juara

Pada kesempatan tersebut, OC melihat secara langsung detail dan beberapa fasilitas yang dimiliki stadion yang berada di Kabupaten Malang tersebut. Di antaranya kondisi lapangan, lampu stadion, ruang ganti pemain, ruang wasit, ruang medis, tribun VVIP dan tribun media.

“Pada prinsipnya semua sudah siap. Tinggal up date beberapa hal yang ada kaitannya dengan protokol kesehatan. Khusus untuk hal ini, kami akan lebih intensif untuk mengkomunikasikannya dengan LOC,” terang Sudjarno.

Untuk pertandingan yang digelar di Stadion Kanjuruhan, Abdul Haris menyebutkan pihaknya sudah melakukan persiapan secara khusus dan koordinasi internal. 

“Bagaimanapun persiapannya harus lebih awal. Selain karena sudah setahun lamanya tidak ada pertandingan, kami juga harus mempelajari secara detail bagaimana menyelenggarakan pertandingan di masa pandemi COVID-19,” kata Abdul Haris.

Stadion Kanjuruhan bakal menjadi tuan rumah Grup B. Empat tim yang berada di grup ini adalah Persija Jakarta, Bhayangkara Solo FC, Borneo FC, dan PSM Makassar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya