Siap Tempur, PSM Tidak Persoalkan Format Final Piala Menpora

Latihan PSM Makassar
Sumber :
  • instagram.com/psm_makassar

VIVA – Pelatih PSM Makassar, Syamsuddin Batola memastikan skuadnya sudah cukup menjelang tampil di Piala Menpora 2021. Kehadiran para pemain akademi atau junior membuat ia tidak dipusingkan dalam upaya perburuan pemain baru.
 
"Dari awal (komposisi pemain) sudah cukup karena kita juga siapkan para pemain akademi PSM yang juga punya potensi," katanya di Makassar, dikutip dari Antara, Rabu 17 Maret 2021.
 
Jelang Piala Menpora, PSM memang telah ditinggalkan cukup banyak pemain senior, baik lokal ataupun pemain asing. Khususnya Wiljam Pluim yang beberapa musim menjadi sosok tidak tergantikan di lini tengah tim asal Makassar tersebut.
 
Namun dalam perkembangannya, kepergian para pemain mulai teratasi dengan munculnya beberapa pemain baru. Di antaranya Patrich Wanggai, Sutanto Tan hingga yang terbaru Abdul Rachman yang sebelumnya memperkuat Borneo FC.
 
Mereka akan berkolaborasi dengan para pemain yang memutuskan tetap memperkuat PSM yakni kapten tim Zulkifli Syukur, Zulham Zamrun, Hasyim Kipuw, Hendra Wijaya, Rasyid Bakri, Muhammad Arfan dan Hilman.
 
Serta tambahan belasan amunisi pemain akademi yang selama latihan persiapan, terus menunjukkan peningkatan kemampuan. Hal inilah yang membuat PSM sangat yakin sudah memiliki skuad yang cukup untuk berlaga di Piala Menpora.

Nama-nama Calon Anggota Pansel KPK Masih Digodok Presiden Jokowi

Perubahan Format Piala Menpora

Di sisi lain, Syamsuddin Batola juga tidak mempersoalkan perubahan format babak semifinal dan final Piala Menpora 2021 yang mulai digulirkan 21 Maret mendatang. PSM memilih fokus meningkatkan kemampuan dan organisasi tim.

PPP Beri Rekomendasi Dukungan ke Khofifah-Emil Dardak di Pilgub Jatim

"Mungkin ada keinginan meningkatkan kualitas (atmosfer) pertandingan sehingga panitia memutuskan mengubah format semifinal dan final menjadi dua leg," katanya.

Ia menjelaskan, keputusan apakah hanya satu leg atau dua leg di babak semifinal dan final, merupakan hak dari pihak penyelenggara. "Itu kan (perubahan format) tergantung kepada pihak penyelenggaraan atau operator kompetisi."

Unand: Tidak Ada Kenaikan UKT

Ketua OC Piala Menpora, Akhmad Hadian Lukita mengatakan perubahan itu bertujuan agar pertandingan lebih kompetitif dan berkualitas. Ia juga meyakini, perubahan itu akan didukung oleh fans karena lebih seru dan menarik.

Dalam jadwal terbaru, babak perempat final digelar pada 9-12 April 2021. Juara grup A akan bersua runner-up grup B pada Jumat 9 April 2021. Lalu pada Sabtu 10 April 2021, juara grup B akan bersua runner-up grup A.

Sedangkan pada Minggu 11 April 2021 akan digelar pertandingan juara grup D versus runner-up grup C. Esok harinya, Senin 12 April 2021 akan dipertandingkan juara grup C melawan runner-up grup D. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya