Dibuka untuk Umum 9 September 2021, Berapa Tarif Sewa JIS?

Perkembangan pembangunan Jakarta International Stadium (JIS).
Sumber :
  • ANTARA Abdu Faisal

VIVA – Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Jakpro, Nadia Diposanjoyo mengatakan, lapangan utama Jakarta International Stadium (JIS) akan dibuka untuk umum pada pekan ini.

Bikin Heboh! Ed Sheeran Pakai Jersey Klub Elkan Baggott Saat Manggung di JIS

"Dua lapangan latih JIS rencananya dibuka untuk masyarakat umum mulai 9 September 2021," kata Nadia di Jakarta, Senin, 6 September 2021.

Lantas, berapa harga sewa JIS untuk masyarakat umum. Jakpro pun angkat bicara soal berbedarnya tarif sewa JIS yang berada di wilayah Jakarta Utara tersebut.

Polisi Terjunkan 2.025 Personel Amankan Konser Ed Sheeran Hari Ini

Katanya, PT Jakpro selaku pembangun dan pengelola kawasan JIS menyampaikan bahwa informasi tarif sewa tersebut merupakan bagian dari informasi yang disampaikan kepada pihak ketiga untuk perencanaan penyelenggaraan kegiatan.

"Jakpro menegaskan bahwa informasi tersebut merupakan acuan perkiraan harga sewa dan masih dalam tahap finalisasi," ujarnya.

Media Asing Heran Timnas Indonesia Belum Pernah Main di JIS

Menurutnya, tarif dan pemesanan resmi akan disampaikan dalam waktu dekat ini pada portal pemesanan khusus yang bekerja sama dengan penyedia platform sarana olah raga termuka di ibukota.

Sebelumnya, beredar informasi perkiraan tarif sewa lapangan latih Jakarta International Stadium (JIS) per September 2021 yang terbagi menjadi tiga waktu pilihan, yakni siang (pukul 06.00-16.00), malam (pukul 16.00-01.00), dan sesi event public/private. Untuk tengah pekan, Rp2.750.000 dan untuk akhir pekan Rp3.950.000.

Tak hanya itu, dia juga menuturkan, JIS akan menjadi stadion pertama di Indonesia yang menggunakan rumput hybrid atau perpanduan antara rumput sintetis dengan rumput alami. 

Komposisinya, 5 persen adalah rumput sintetis asal Italia berjenis Limonta dan 95 persennya rumput alami dengan jenis variestas Zoysia Matrella yang di datangkan langsung dari Boyolali, Jawa Tengah.

Selain itu, penggunaan rumput hybrid JIS pun berdasarkan hasil studi banding dengan sejumlah negara yang telah memiliki stadion berstandar FIFA, seperti di Singapura, Inggris, dan Spanyol. Benefit lainnya, penggunaan rumput hybrid membuat biaya pemeliharaan lebih efektif. Hal tersebut juga merupakan rekomendasi FIFA.

"Keunggulan lainnya, rumput hybrid sangat cocok dengan kondisi iklim pesisir. Hal ini menjadi pertimbangan utama. Sebab, lokasi JIS berada tidak jauh dari pesisir pantai utara Jakarta," katanya.

Terlebih lagi, rumput hybrid akan menjadi tren lapangan sepak bola modern di masa depan. Itu sebabnya, Jakpro memilih menggunakan rumput hybrid di JIS.

Sebagai perbandingan, stadion-stadion di Eropa seperti Allianz Arena Stadium milik klub raksasa Jerman Bayern Munchen, Wanda Metropolitano Stadium di Madrid, Spanyol, hingga Tottenham Hotspur Stadium di London, Inggris juga menggunakan rumput hybrid.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya