On This Day: Timnas Indonesia U-23 Depak Turki Lewat Drama Adu Penalti

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Rahmad Darmawan (bertopi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/ Feny Selly

VIVA – Drama tercipta saat Timnas Indonesia U-23 menghadapi Timnas Turki U-20 di semifinal Islamic Solidarity Games (ISG) pada hari ini delapan tahun silam, 27 September 2013. Skuad besutan Rahmad Darmawan mengalahkan Turki lewat adu penalti dengan skor 7-6.

On This Day: Pesawat Tempur F-16 Fighting Falcon Terbang Untuk Pertama Kalinya

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang ini, tak banyak peluang yang tercipta di babak pertama. Kesempatan terbaik didapat oleh Ramdani Lestaluhu pada menit 21. Namun, tendangannya dari depan gawang Turki masih mengenai bek lawan.

Peluang emas sempat didapatkan Turki pada menit 65 lewat titik penalti. Penalti diberikan setelah Melih Rahman Nisanci dijatuhkan, meskipun tayangan ulang menunjukkan pelanggaran dilakukan di luar kotak penalti. Beruntung, Kurnia Meiga dengan gemilang menggagalkan penalti pemain Turki, Yakup Alkan.

On This Day: Kematian Tragis Legenda Hollywood Audrey Hepburn

Tak ada gol yang tercipta selama 90 menit. Laga pun dilanjutkan dengan babak tambahan waktu. Namun, kedua tim masih belum bisa menciptakan gol. Peluang Indonesia yang didapat oleh Andik Vermansyah belum bisa membobol gawang Turki.

Laga pun dilanjutkan dengan adu penalti. Laga berjalan menegangkan saat tendangan eksekutor kelima Indonesia, Sunarto, ditepis kiper Turki, Hayrullah Mert. Beruntung, tendangan pemain Turki, Yakup Alkan, melambung di atas mistar gawang sehingga laga semakin menegangkan.

On This Day: Bom Batalkan Kunjungan Manchester United ke Indonesia

Akhirnya, Indonesia memastikan tiket final setelah penendang kedelapan Turki, Rasimcan Degirmenci, sepakannya mengenai tiang gawang. Sebelumnya, tendangan Dedi Kusnandar masuk ke gawang Turki. Indonesia menang 7-6 dan memastikan tiket ke final.

Sayang, Indonesia gagal meraih medali emas setelah kalah 1-2 dari Timnas Maroko U-20 di final. Padahal Indonesia sempat unggul cepat di awal laga. Namun Maroko mampu bangkit di akhir laga dan mengunci kemenangan.

Indonesia sempat unggul berkat gol Alfin Tasalamony lewat penalti pada menit ke-8. Namun Maroko melakukan comeback gemilang di akhir laga dengan dua gol yang dibukukan Ayman El Hassouni di menit 71 dan Walid El Karti di menit 83.

Baca artikel menarik lainnya di program On This Day VIVA.co.id

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya