Pemerintah Izinkan Gelar Konser dan Nikahan, Liga 1 Ada Penonton?

Sejumlah suporter klub sepak bola Persija Jakarta yang tergabung dalam Jakmania melakukan gerakan koreografi saat mendukung timnya melawan Persela Lamongan dalam pertandingan lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

VIVA – Kabar gembira untuk Liga 1 dan Liga 2, ada potensi kompetisi digelar dengan dihadiri penonton ke stadion dalam waktu dekat. Pemerintah telah memberikan izin penyelenggaraan kegiatan berskala besar. 

Menpora Dito Beri Kabar Baik, Arab Saudi Komitmen Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Hal ini dilakukan guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional khususnya di sektor pariwisata. 

Kegiatan skala besar adalah kegiatan yang melibatkan partisipan atau undangan dalam jumlah besar dari berbagai tempat. Contohnya konferensi, pamerang dagang, acara olahraga, festival konser maupun pernikahan besar. 

Kisruh Nobar Timnas Indonesia U-23 Dilarang, Begini Respons Kemenpora

“Mempertimbangkan perlunya kita mewadahi aktivitas masyarakat agar tetap produktif namun juga aman dari COVID-19, pemerintah kini dapat memberikan izin untuk mengadakan perhelatan dan pertemuan berskala besar yang melibatkan banyak orang, asalkan mematuhi pedoman penyelenggaraan yang telah ditetapkan,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate seperti dikutip dari keterangan resminya.

“Tentu saja penyelenggaraan kedua acara besar tersebut telah melalui diskusi berbagai pihak guna menekan risiko penularan virus,” ujar Menteri Johnny.

Pemerintah Instruksikan Seluruh Pemda Nobar Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan

Pertandingan Persebaya vs Bhayangkara FC di Liga 1 2021/2022

Photo :
  • Instagram/@bhayangkarafc

Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 bisa menyusul, PON Papua 2020 menjadi awal mulanya. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto juga meminta Kemenpora dan PSSI untuk mengkaji agar Liga 1 dan Liga 2 bisa dihadiri penonton. 

Permintaan Airlangga disampaikan ketika menerima kunjungan dari Kemenpora, Zainudin Amali serta Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan pada Selasa 28 September 2021. 

Pertemuan itu dilakukan dalam rangka pembahasan penyelenggaraan Liga 2 2021 di luar Jawa dan Bali. 

"Saya sampaikan kepada Pak Menpora dan Ketua Umum PSSI, untuk dikaji mungkin dalam jumlah prototipe yang kecil," tutur Airlangga Hartarto usai konferensi pers virtual.

"Nanti sambil berjalan diuji, dites, dievaluasi termasuk nanti juga mengevaluasi penyelenggaraan PON Papua. Kita lihat efek ke depannya seperti apa karena Liga 2 ini bergulir sampai Desember," lanjutnya.

Untuk diketahui di PON Papua sendiri cabang olahraga sepakbola sesuai edaran Kemenpora, penonton bisa menyaksikan langsung pertandingan dengan batasan 25 persen dari kapasitan stadion. Itupun juga harus sudah divaksinasi COVID-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya