Meski Sudah Malam, Maarten Paes Hadiri Rapat Kerja Komisi X DPR Pakai Baju Kerah Timnas Indonesia

Calon kiper Timnas Indonesia Maarten Paes saat membela FC Dallas
Sumber :
  • AP Photo/Julio Cortez

VIVA – DPR RI menggelar rapat kerja Komisi X bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk mendiskusikan pemberian rekomendasi pada tiga calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia

Lawan Uzbekistan, Tuah Abdullah bin Khalifa Stadium Untungkan Timnas Indonesia U-23?

Kali ini, DPR RI memuluskan jalan tiga calon pemain naturalisasi keturunan Indonesia-Belanda, Ragnar Oratmangoen, Thom Haye dan Maarten Paes dalam rapat kerja yang berlangsung di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis 7 Maret 2024.

Berbeda dari rapat kerja dengan bahasan yang sama, ketiga pemain justru hadir dalam rapat tersebut. Meski tak hadir secara langsung, baik Ragnar Oratmangoen, Thom Haye dan Maarten Paes bergabung melalui layanan video konferensi, Zoom Meeting. 
 
Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen menggunakan batik dan Marteen Paes menggunakan polo Timnas Indonesia 

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

Meskipun di Belanda masih dini hari dan di Amerika sudah pukul 10 malam, namun ketiganya semangat mengikuti jalannya rapat serta menyimak apa yang dikatakan oleh parlemen. "Saya berada di Amerika Serikat, tepatnya di Dallas, disini sudah malam," kata Maarten Paes, dilansir Tvonews.

Ketiganya pun selalu menjawab para anggota dan pimpinan rapat yang menyapa mereka.  Beberapa anggota pun menodong para pemain untuk berbicara dalam Bahasa Indonesia hingga meminta para pemain untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya.  Hingga saat artikel ini dibuat, rapat kerja masih berlangsung dan masuk dalam sesi tanya jawab.

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia menyetujui proses naturalisasi tiga pemain keturunan yakni Thom Haye, Ragnar Oratmangoen dan Maarten Paes.  

Hal itu diungkapkan wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, saat sidang paripurna DPR RI pada Selasa 5 Maret 2024.  "Kami meminta persetujuan rapat paripurna hari ini untuk menugaskan Komisi 3 dan 10 guna membahas surat tersebut dan hasil pembahasannya dilaporkan kepada pimpinan dan selanjutnya disampaikan kepada Pemerintah untuk ditindaklanjuti. Apakah diterima?" tambahnya. 

Anggota DPR RI yang hadir pun kompak menjawab, "Setuju." Dalam prosesnya, setelah disetujui Komisi III dan X DPR RI, Maarten Paes, Thom Haye, serta Ragnar Oratmangoen akan menunggu Keputusan Presiden (Keppres). Baru nantinya mereka akan disumpah WNI.
 
Walaupun sudah mendapatkan sumpah WNI, tiga pemain ini belum bisa langsung memperkuat Timnas Indonesia. Mereka harus melakukan perpindahan federasi dari KNVB ke PSSI. Waktunya bisa selama satu minggu.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya