Terungkap, Ada Gaya Pep Guardiola dan Xabi Alonso di Timnas Indonesia

Timnas Indonesia Nyanyikan Lagu Kebangsaan
Sumber :
  • AP Photo/Aijaz Rahi

VIVA – Pep Guardiola dikenal luas sebagai salah satu pelatih terbaik di dunia dalam satu dekade ini. Barcelona, Bayern Munich, dan kini Manchester City merasakan kejayaan ketika ditangani juru taktik asal Spanyol ini.

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Sementara Xabi Alonso namanya mencuat sebagai salah satu pelatih pendatang baru yang potensial. Dia berhasil menyulap Bayer Leverkusen sebagai tim yang sulit ditaklukkan.

Bersama Xabi, Leverkusen kini memuncaki klasemen sementara Bundesliga. Mereka mengumpulkan 64 poin, dan unggul 10 poin dari raksasa Jerman, Bayern Munich, Hebatnya lagi, dari 24 pertandingan Leverkusen sama sekali belum mengalami kekalahan.

Yang Bikin Shin Tae-yong Terusik saat Indonesia Kalahkan Korea Selatan

Manajer Manchester City Pep Guardiola

Photo :
  • AP Photo/Manu Fernandez

Dan sebuah fakta terungkap, bahwa Pep Guardiola dan Xabi Alonso menjadi referensi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Juru taktik asal Korea Selatan itu mengakui, di awal karier kepelatihan, manajer legendaris Arsenal, Arsen Wenger sumber inspirasinya.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Namun belakangan ini, Shin Tae-yong menyebut mengikuti pertandingan-pertandingan Liga Inggris. Manchesrer City, Brighton menjadi tim yang ia pelajari. Kemudian juga gaya Xabi Alonso bersama Leverkusen.

Dan, dari Guardiola serta Alonso itulah, Shin Tae-yong menciptakan gayanya sendiri untuk ia terapkan ke Timnas Indonesia saat ini.

Pelatih Bayer Leverkusen, Xabi Alonso

Photo :
  • AP Photo/Martin Meissner

"Di masa lalu, saya mencoba mempelajari banyak gaya Arsene Wenger,” kata Shin Tae-yong dilansir kanal YouTube Football Manager Korea. 

“Sekarang saya banyak menonton Brighton, Xabi Alonso (Leverkusen), dan Manchester City untuk mencoba menciptakan gaya saya sendiri,” ujarnya, menambahkan. 

Shin Tae-yong baru saja menjalankan tugasnya untuk keliling Eropa mencari pemain keturunan. Dalam kunjungannya itu, dia juga menyaksikan pertandingan pemain-pemain Timnas Indonesia di klubnya masing-masing.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Shin Tae-yong kini dihadapkan tegas tugas berat yakni menghadapi Vietnam dua kali dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Indonesia akan menjamu Vietnam di SUGBK pada 21 Maret 2024, sebelum bertandang ke Vietnam lima hari kemudian.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya