Pratama Arhan Pimpin Kebangkitan Indonesia dan Hancurkan Timor Leste

Bek timnas Indonesia, Pratama Arhan
Sumber :
  • IG @pssi

VIVA – Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan meyakinkan saat menghadapi Timnas Timor Leste pada laga uji coba FIFA Matchday di Stadion I Wayan Dipta, Bali, Kamis 27 Januari 2022. Skuad Garuda menang telak dengan skor 4-1.

Wow, Harga Satu Pemain Uzbekistan Ini Lebih Tinggi dari Seluruh Pemain Timnas Indonesia U-23

Tim asuhan Shin Tae-yong tampil agresif dalam menekan pertahanan lawan. Sejak awal, Indonesia terus mengurung pertahanan Timor Leste.

Peluang demi peluang terus diciptakan oleh skuad Garuda. Tapi, bola tak kunjung bersarang ke gawang Timor Leste.

Timnas Indonesia 'Gendong' Asia Tenggara di Semifinal Piala Asia U-23

Justru, Timor Leste yang mengejutkan pertahanan Indonesia di menit 35. Asyik menyerang membuat pertahanan tim Merah Putih lengah.

Timnas Indonesia vs Timor Leste

Photo :
  • PSSI
Pelatih Kiper Persebaya Surabaya Suntikan Semangat untuk Ernando Ari

Serangan balik cepat dimanfaatkan betul oleh Paulo Gali Freitas yang dengan cepat mengungguli Alfeandra Dewangga. Dia dengan tenang menaklukkan Syahrul Trisna Fadillah dan membawa Timor Leste unggul 1-0.

Timor Leste bahkan hampir saja unggul 2-0 tepat jelang turun minum melalui titik putih. Sial, Mouzinho yang bertugas sebagai algojo gagal menunaikan tugasnya lantaran arah tembakannya berhasil dibaca oleh Syahrul yang dengan sempurna menepis bola tersebut.

Tertinggal, pelatih Shin Tae-yong melakukan perubahan di babak kedua. Juru taktik asal Korea Selatan itu langsung menarik tiga pemain tepat di awal babak kedua.

Masuknya tiga pemain tersebut terbukti meningkatkan agresivitas dari skuad Garuda, terutama dari sisi sayap di mana Pratama Arhan turut andil dalam membantu serangan.

Setelah menunggu cukup lama, Indonesia akhirnya bisa menyamakan kedudukan di menit 64. Adalah Ricky Kambuaya yang membobol gawang Timor Leste sekaligus membangkitkan semangat tim Merah Putih untuk memenangkan pertandingan.

Timnas Indonesia vs Timor Leste

Photo :
  • PSSI

Benar saja, Pratama Arhan langsung unjuk gigi dengan berperan dalam tiga gol berikutnya. Di menit 73, ia mencetak gol dari titik putih setelah terjadi pelanggaran di kotak terlarang.

Empat menit berselang, lemparan ke dalam yang jadi ciri khas Arhan kembali membuahkan gol bagi Indonesia. Lemparannya ke arah mulut gawang gagal ditepis dengan sempurna oleh kiper Georgino Mendonca dan justru masuk ke dalam gawang sendiri.

Dan pada menit 80, umpan silang pemain PSIS Semarang itu lagi-lagi salah diantisipasi oleh pemain bertahan Timor Leste yang lagi-lagi membuahkan gol bunuh diri.

Gol tersebut jadi yang terakhir di laga ini. Indonesia pun berhasil menuntaskan duel dengan kemenangan 4-1.

Susunan Pemain

Indonesia: Syahrul Trisna Fadillah (PG); Alfeandra Dewangga, Fachruddin Aryanto, Edo Febriansyah (Pratama Arhan 46'), Sani Rizki Fauzi, Irfan Jaya, Rachmat Irianto (Achmad Figo 87'), Evan Dimas (Marselino Ferdinan 66'), Ramai Rumakiek (Ronaldo Kwateh 46'), Ricky Kambuaya, Dedik Setiawan (Hanis Saghara 46').

Timor Leste: Junildo Manuel (Georgino Mendonca 67') (PG); Filomeno Junior, Jaimito Antonio, Joan Panji, Orcelio Nobelito, Cristevao Moniz, Dom Lucas Martins (Armindo de Almeida 46'), Jhon Frith (Gumario Moreira 71'), Mouzinho Lima, Paulo Gali Freitas, Elias da Costa (Kornelis Portela 46').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya