Curhat Persikabo Dipaksa Lawan Bali United Meski 7 Pemain COVID-19

Pertandingan Persikabo 1973 vs Bali United.
Sumber :
  • Instagram/@baliunitedfc

VIVA – Tira Persikabo harus tetap bertanding melawan Bali United pada laga lanjutan Liga 1 2021-2022 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, pada Kamis 3 Februari 2022, dengan skuad yang tak lengkap.

Hasil Liga 1: Bali United Lolos ke Championship Series Usai Tekuk Persebaya Surabaya

Tim berjuluk Laskar Padjajaran itu tampil dengan pemain yang cedera. Di antaranya Hendra Bayaw, Rony Beroperay, Gilang Ginarsa, Tedi Heri, Ikhsan Marzuki, dan Ronaldo Wanna

Hasilnya, Tira Persikabo pun ditumbangkan Bali United 0-3. Gol-gol pasukan Serdadu Tridatu, julukan Bali United, dicetak oleh Leonard Tupamahu (menit ke-18), Ilija Spasojevic (20'), dan Stefano Lilipaly (39').

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Pelatih Tira Persikabo, Liestiadi mengungkit janji PT LIB (Liga Indonesia Baru) terkait pertandingan yang bisa ditunda akibat COVID-19.

Liestiadi mengatakan, ada kesepakatan antara manajemen Tira Persikabo dan PT LIB saat pertemuan pada Kamis (3/2/2022) siang.

Terpopuler: Sindiran Suporter Bali United, Media Asing Puji Indonesia

Dijelaskan jika dari 7 pemain yang positif COVID-19 dites PCR ada minimal 2 yang negatif, maka pertandingan tetap dilanjutkan.

"Ternyata setelah hasil tes PCR keluar pukul 3 sore tadi, ketujuh pemain tersebut masih dinyatakan positif COVID-19," kata Liestiadi.

"Kemudian kami laporkan ke PT LIB tetapi mereka memaksakan pertandingan tetap digelar. Seharusnya PT LIB memenuhi janjinya (membatalkan pertandingan)," sesalnya.

Meski demikan, Liestiadi tak mau mencari kambing hitam atas kekalahan ini. Dia lebih memilih untuk memberikan aprseasi kepada pemainnya yang tampil spartan meski dalam kondisi yang tidak fit.

"Kami sudah memberikan perlawanan terbaik meskipun kondisi tim sangat memprihatikan karena hanya menurunkan 10 pemain yang fit," kata Liestiadi, usai pertandingan.

"Saya berterima kasih kepada pemain yang sudah tampil spartan dan militan walaupun dengan segala keterbatasan," tutur Liestiadi.

Sementara itu, Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita menjelaskan pihaknya menolak permintaan penundaan pertandingan dari Tira Persikabo.

Lukita menyebut, penundaan laga tidak bisa dilakukan dengan alasan cedera pemain. Lukita juga mengatakan, Tira Persikabo justru hanya mendaftarkan 29 pemain. 

Padahal setiap klub memiliki slot pemain hingga 35. Jadi, jika Tira Persikabo memanfaatkan itu, meeka bisa tampil dengan skuad muda.

"Itu dasar hukumnya. Cedera tidak disebut di pasal tersebut. PT LIB wajib melaksanakan regulasi tersebut," kata Lukita.

"Ada 35 pemain yang didaftarkan di LIAS. Sesuai regulasi pertandingan ditunda atau lanjut karena berdasarkan data yg terpapar," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya