Menpora Temui PSSI dan STY Bahas 2 Pemain yang Segera Dinaturalisasi

Menpora Zainudin Amali, bersama Ketum PSSI dan Shin Tae-yong.
Sumber :
  • VIVA/Zulfikar Husein

VIVA – Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, bertemu dengan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan di Kantor Kemenpora, pada Kamis 10 Februari 2022, untuk membahas pemain yang segera dinaturalisasi. Hadir pula pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dalam pertemuan tersebut.

Kubur Rekor Korsel ke Olimpiade, STY Minta Maaf: Mimpi Saya Bawa Indonesia ke Piala Dunia

Selepas menjalani pertemuan tersebut, Menpora Amali menjelaskan bahwa ada dua pemain yang diprioritaskan untuk dinaturalisasi. Dia juga menambahkan, dua pemain yang bakal dinaturalisasi itu merupakan rekomendasi dari Shin Tae-yong.

Dua nama yang akan secepatnya dinaturalisasi itu adalah Sandy Walsh dan Jordi Amat. Menurut Amali, dua pemain itu sudah mau untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan kualitasnya sesuai dengan kebutuhan Timnas Indonesia.

STY Muda Pernah Bobol Gawang Persib, Ini Potretnya saat Duel dengan Robby Darwis

Pemain KV Mechelen, Sandy Walsh

Photo :
  • twitter.com/SandyWalsh_

"Jadi yang diajukan itu dua pemain, satu Sandy Walsh yang kedua Jordy Amat. Tadi sudah kami tanyakan ke Shin Tae-yong. Di samping itu, dua pemain itu ada keturunan Indonesia jadi lebih mudah. Lalu, kami lihat secara teknik mereka bagus karena main di Eropa dan itu yg menjadi alasan," kata Menpora Amali, Kamis 10 Februari 2022.

Viral, Ekspresi Bung Towel Pas Indonesia Gilas Korea Selatan di Piala Asia U-23

"Shin Tae-yong juga tidak mau sekedar naturalisasi kalau secara kualitasnya tidak bagus, dan ini masih ada harapan untuk ke depan. Tadi disampaikan mudah-mudahan ini juga bisa membawa pengalamannya di timnas, karena tujuan kita ingin membangun timnas dan sepakbola Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Shin Tae-yong juga berkomentar mengenai rekomendasi dua pemain naturalisasi tersebut. Dikatakannya, Sandy Walsh dan Jordi Amat mempunyai kans untuk menjadi pemain utama di Timnas Indonesia.

"Saya rekomendasikan pemain tersebut karena masing-masing dari mereka punya kans untuk menjadi pemain utama dan performanya sangat bagus dan luar biasa," ucap Tae-yong.

"Secara pribadi, saya merasa mereka akan sangat Timnas Indonesia dan sepakbola Indonesia juga."

"Ketika nanti mereka gabung timnas, maka sangat bagus untuk tahun ini dan itu bisa membantu kami, terutama di Piala AFF tahun ini," tegasnya.

Pemain keturunan Indonesia, Jordi Amat

Photo :
  • Jordi Amat / instagram

Sandy Walsh merupakan pemain yang sudah lama diisukan akan dinaturalisasi. Pemain berposisi sebagai bek sayap dan bek tengah itu saat ini merumput bersama klub kasta tertinggi di Belgia, KV Mechelen.

Sedangkan, Jordi Amat adalah seorang bek tengah yang berdarah Spanyol. Saat ini, dia juga memperkuat klub kasta tertinggi Belgia, yakni Eupen. Sebelumnya, Jordi Amat pernah membela tim-tim di liga top Eropa seperti Espanyol, Rayo Vallecano, Swansea City hingga Real Betis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya