FIFA Matchday Maret 2022: PSSI Komunikasi dengan Bosnia dan Slovakia

Timnas Indonesia runner up Piala AFF 2020.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/FLONA TOBING

VIVA – Timnas Indonesia terus berambisi untuk memperbaiki peringkat FIFA. Salah satunya dengan aktif beruji coba dengan negara berperingkat FIFA yang lebih baik daripada skuad Garuda.

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

Terdekat, FIFA Matchday akan digelar pada 21-30 Maret 2022. PSSI sebelumnya telah menyatakan bahwa mereka sudah mengirim surat undangan kepada runner up Piala Dunia 2018, yakni Kroasia.

Namun, surat undangan itu belum ada jawaban dari Kroasia. Sembari menunggu jawaban dari Kroasia, PSSI pun telah berkomunikasi dengan sejumlah negara Eropa lainnya, yaitu Bosnia Herzegovina.

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

"Rencananya kami berkomunikasi dengan Bosnia dan Slovakia. Jadi, kenapa kita cari lawan yang tinggi peringkatnya? Supaya nilainya lebih besar. Begitu kira-kira, sehingga nanti ada pengalaman lebih bagus dari tim," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan kepada wartawan di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kamis 10 Februari 2022.

Lebih lanjut, Iriawan menambahkan bahwa pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, telah membuat daftar uji coba saat FIFA Matchday.

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

"Alhamdulillah kenaikan (peringkat FIFA) cukup signifikan, kalau bisa dalam tahun ini peringkat 150 bisa tercapai. Shin Tae-yong sudah membuat daftarnya, ada tujuh kali lagi FIFA Matchday dengan tim-tim yang akan diambil," sambungnya.

Jika beruji coba dengan negara Eropa gagal terwujud, PSSI telah menyiapkan opsi lain. Sejumlah negara Asia yang peringkat FIFA-nya lebih tinggi dari Indonesia kemungkinan akan menjadi alternatif di laga uji coba mendatang.

"Mungkin beberapa negara di wilayah Asia akan kita komunikasikan. Yang jelas peringkatnya jauh di atas kita, Asia Timur rencananya. Jadi akan kita komunikasikan dan Shin Tae-yong fokus pada ini," ungkapnya.

Dalam rilis terbaru, Timnas Indonesia mengalami peningkatan di peringkat FIFA. Skuad Garuda menempati peringkat 160.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya