Timnas Indonesia U-23 Mundur dari Piala AFF atas Usul Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – Timnas Indonesia U-23 memutuskan mundur dari Piala AFF U-23 yang berlangsung di Kamboja pada 14-26 Februari 2022.

Viral, Ekspresi Bung Towel Pas Indonesia Gilas Korea Selatan di Piala Asia U-23

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan keputusan itu atas usulan dari pelatih Timnas Indonesia, Shi Tae-yong.

Iriawan menyebut, juru taktik asal Korea Selatan itu  mengajukan hal tersebut lantaran banyaknya pemain yang terpapar COVID-19. 

Shin Tae-yong: Percaya dan Ikuti Saya, Kita Akan ke Final

Pun, sepanjang pemusatan latihan di Bali, Skuad Garuda Muda tidak lengkap. Dari 32 pemain yang dipanggil, cuma 21 orang yang mengikuti latihan hingga akhir. 

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan

Photo :
  • VIVA/Pratama Yudha
Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

"Pada tanggal 9 Februari 2022, Shin Tae-yong bersurat kepada saya untuk mengambil keputusan agar membatalkan keberangkatan skuad ke Kamboja dengan alasan banyak pemain kena COVID-19," kata Iriawan.

"Latihan menjadi tak maksimal. Banyak pemain memperkuat klub. Namun alasan utama memang COVID-19," ungkap pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Lebih lanjut, Iriawan mengaku PSSI sangat berat memutuskan Timnas U-23 mundur dari Piala AFF U-23. Apalagi, status Indonesia merupakan juara bertahan.

Namun, saat ini yang terpenting adalah kesehatan. Iriawan tak mau memaksakan untuk memberangkatkan skuad Timnas U-23.

"Kalau dibilang sedih, ya, sedih. Teman-teman AFF sebenarnya juga berharap Indonesia ikut serta karena kehadiran kita paling ditunggu. Suporter kita, kan, banyak sekali. Akan tetapi, alasan kesehatan adalah yang terpenting," ucap dia.

Sebelumnya, Shin Tae-yong menyebut kondisi timnya jelang keberangkatan ke Kamboja sangat buruk.

Pasalnya, ada tujuh pemain yang positif COVID-19 dan 1 ofisial. Tujuh pemain itu adalah Ronaldo Joybera R Junior, Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Ramadhani, dan Cahya Supriyadi.

Pemain Timnas Indonesia merayakan gol

Photo :
  • PSSI

Selain itu, ada empat pemain yang menunggu masa inkubasi karena satu kamar dengan mereka yang terpapar COVID-19. Mereka adalah Alfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marcelino Ferdinan.

Kemudian ada tiga pemain yang mengalami cedera, yakni Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, dan Muhammad Iqbal. 

Tiga pemain yang mengalami cedera itu saat memperkuat klubnya masing-masing di BRI Liga 1. Beberapa pemain itu saat ini sedang dalam masa pemulihan.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya