Apa Sikap Presiden Jokowi soal PSSI Gencar Lakukan Naturalisasi

Presiden Jokowi.
Sumber :
  • Biro Pres dan Media Istana Kepresidenan.

VIVA – PSSI saat ini sedang gencar menaturalisasi sejumlah pemain keturunan. Hal itu dilakukan PSSI untuk memfasilitasi permintaan pelatih Shin Tae-yong agar Timnas Indonesia semakin kuat.

Lawan Uzbekistan, Tuah Abdullah bin Khalifa Stadium Untungkan Timnas Indonesia U-23?

Saat ini, tiga nama sudah masuk ke Kemenpora, yakni Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama.

Jordi Amat membela klub Belgia, KAS Eupen. Pemain berposisi sebagai bek kiri itu lahir di Spanyol dan pernah membela La Roja kategori usia, tetapi tak pernah membela tim senior.

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

Sementara Sandy Walsh bermain untuk klub Belgia, KV Mechelen. Sedangkan Shayne membela klub kasta teratas Liga Norwegia, Viking FK. Sama seperti Amat dan Walsh, pemain 23 tahun ini berposisi bek sayap.

Sandy Walsh

Photo :
  • Sandy Walsh . / instagram
Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Terkait program PSSI ini, Menpora Zainudin Amali menyebut pihaknya akan membantu PSSI. Amali juga menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan dukungan.

"Terkait naturualisasi pemain untuk Timnas Indonesia, presiden memberikan kepercayaan kepada PSSI," kata Menpora, Zainudin Amali.

"Sepanjang untuk mempercepat, sebab ini untuk jangka pendek. Jangka panjangnya tetap kebutuhannya adalah pembinaan untuk Timnas Indonesia," jelas dia.

Lebih lanjut, Amali mengungkapkan, dokumen dua pemain yakni Amat dan Walsh saat ini telah lengkap. Namun, Amali masih menunggu verifikasi berkas dari Shayne Pattynama.

Menpora Zainudin Amali

Photo :
  • Humas Kemenpora

"Sudah ada dua pemain. Mau tiga pemain tapi sedang diproses administrasi. Setelah beres, kami dorong," papar politikus Partai Golkar itu.

"Kami harus hati-hati betul jangan sampai sudah dinaturalisasi tapi pemainnya tidak bisa bermain.Jadi sudah kami sebut. Begitu masuk di pemerintah saya instruksikan jajaran di Kemenpora agar membantu sesegera mungkin," jelas Amali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya