Ketika Eks Pelatih Timnas Indonesia Bikin Sejarah di Final UCL

Peter Withe (kanan) saat melatih Indonesia
Sumber :
  • Asian Cup

VIVA – Masih ingat dengan Peter Withe? Pria yang kini berusia 70 tahun ini tercatat sebagai pelatih Timnas Indonesia pada 2004 hingga 2007.

Alasan PSSI Perpanjang kontrak Shin Tae-yong hingga 2027

Withe datang ke Indonesia dengan catatan mentereng. Dia membawa Timnas Thailand dua kali menjuarai Piala AFF pada 2000 dan 2002 serta medali emas SEA Games 1999.

Sayangnya, hasil manis di Thailand tak menular di Indonesia. Pencapaian terbaiknya adalah membawa Skuad Garuda menjadi runner up Piala AFF 2004.

Rafael Struick Terpilih sebagai Bintang Masa Depan Piala Asia U-23 2024

Bicara mengenai Withe, dia merupakan bomber haus gol di zamannya. Saat aktif sebagai pemain, Withe mampu mencatatkan sejarah di Liga Champions bersama Aston Villa.

Timnas Indonesia U-20 Tampil di Toulon Cup, Satu Grup dengan Italia

Dilansir situs resmi UEFA, momen bersejarah itu terjadi di Feijenoord Stadion, 26 Mei 1982. Villa bertemu dengan raksasa Jerman Bayern Munich di laga final ajang yang dulunya bernama European Cup ini.

Di luar dugaan, Villa sukses keluar sebagai pemenang. Gol tunggal Peter Withe di menit 67 menjadi sejarah bagi The Villans. Itulah satu-satunya gelar Villa di Liga Champions.

Sebagai juara Liga Champions, Villa berhak tampil di Piala Super Eropa. Mereka sukses menekuk Barcelona 3-1 secara agregat dan keluar sebagai juara.

Kembali ke Withe, dia tergolong pemain haus gol saat memperkuat Villa. Total, 90 gol dicetaknya dari 200 pertandingan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya