Drawing Turnamen Pramusim Liga 1 Gunakan Sistem Limitasi

Pertandingan Persija vs Persebaya
Sumber :
  • Persebaya.id

VIVA – PT Liga Indonesia Baru menggelar drawing turnamen pramusim Liga 1. Meski belum punya nama resmi, namun ajang ini dipastikan berlangsung mulai 11 Juni 2022 mendatang.

Di Usia 94 Tahun, PSSI Optimistis Masa Depan Sepakbola Indonesia Cerah

18 tim Liga 1 dibagi ke dalam empat grup di babak penyisihan. Di mana Persis Solo jadi tuan rumah Grup A, Borneo FC Grup B, Persib Bandung Grup C, dan Arema FC Grup D.

Dalam menetapkan tuan rumah fase grup, Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno mengatakan dilakukan langsung oleh pihaknya dan PSSI. Dia memberikan contoh Grup B yang dilangsungkan di Samarinda.

Sepakbola Indonesia Masih Jauh dari Ideal

"Ini sekaligus untuk mendukung pemerintah dalam mengkampanyekan Ibu Kota Nusantara," kata Sudjarno, Minggu 29 Mei 2022.

Sistem limitasi diterapkan dalam pembagian dan penentuan jumlah kontestan grup turnamen pramusim Liga 1. Di mana ada yang diisi lima tim dan juga empat tim.

Timnas Indonesia Berpeluang Diperkuat 3 Pemain Naturalisasi Terbaru di Kualifikasi Piala Dunia 2025

Grup A dan B akan diisi oleh lima tim. Sedangkan Grup C dan D masing-masing berisi empat tim peserta.

Drawing turnamen pramusim Liga 1

Photo :
  • Youtube

Bali United dan PSM Makassar yang akan jadi wakil Indonesia di Piala AFC 2022 ditempatkan di grup yang diisi oleh empat tim.

"Untuk mendukung partisipasi wakil Indonesia di Piala AFC, Bali United dan PSM Makassar ditempatkan pada grup dengan isi empat peserta dan tiga dipisah agar penyelenggaraan tidak melewati jadwal Piala AFC," tutur Sudjarno.

Limitasi juga dilanjutkan kepada pemisahan tim dengan tingkat rivalitas tinggi. Karena nantinya suporter boleh menonton langsung ke Stadion, faktor keamanan turut dipertimbangkan.

Sudjarno mengaku jika limitasi soal ini merupakan masukan dari pihak terkait. Sebagai contohnya adalah pemisahan Persija Jakarta dengan Persebaya Surabaya.

"Berdasar pertimbangan dan masukan dari stake holder terkait, dua tim yakni Persija dan Persebaya akan ditempatkan di grup yang berbeda."

Karena sistem ini pula, Persija ketika melakukan drawing tidak diberikan bola Grup C di mana Persib menjadi tuan rumah. Begitu juga Persebaya yang dihindari masuk Grup D di markas Arema FC.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya