Menpora: Presiden Restui Niat PSSI jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Menpora RI, Zainudin Amali
Menpora RI, Zainudin Amali
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA Bola – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali, mengatakan jika Presiden Joko Widodo sudah menyetujui niatan PSSI untuk maju sebagai tuan rumah Piala Asia 2023.

"Ya, pemerintah sudah setuju. PSSI silakan ikut mengajukan diri sebagai tuan rumah (Piala Asia 2023)," kata Menpora Amali kepada wartawan di Gedung Kemenpora, Jakarta, Selasa 28 Juni 2022.

"Awalnya, PSSI sampaikan itu pada saya. Kemudian, saya laporkan ke Pak Presiden, saya minta arahan diizinkan tidak untuk ikutan mengajukan diri sebagai tuan rumah. Dan Bapak Presiden mempersilakan,” lanjut dia.

Seperti diketahui, China yang awalnya terpilih sebagai tuan rumah memilih untuk mundur lantaran meningkatnya kasus COVID-19 di negara tersebut. Imbasnya, hingga saat ini belum diputuskan di mana pesta sepakbola terakbar se-Asia itu akan bergulir.

Sejauh ini, sudah ada beberapa negara yang mengajukan diri menjadi tuan rumah. Nantinya, Indonesia akan bersaing dengan Jepang, Australia, dan Korea Selatan yang sudah lebih dulu mengajukan diri kepada AFC untuk menyelenggarakan turnamen empat tahunan tersebut.

"Nah sekarang kita sudah meminta kepada PSSI untuk ikut. Jadi, pemerintah prinsipnya mendukung keinginan PSSI untuk menjadi tuan rumah," kata Amali.

Namun karena pengajuan resmi kepada Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) harus dilakukan federasi sepakbola Indonesia, maka Menpora Amali meminta PSSI menemui dan bersurat resmi ke petinggi AFC.

Halaman Selanjutnya
img_title