Pengakuan Mengejutkan Kiper Timnas Indonesia Tangkis Penalti Myanmar

Kiper Timnas Indonesia U-16, Andrika Fathir Rachman
Kiper Timnas Indonesia U-16, Andrika Fathir Rachman
Sumber :
  • Twitter/@PSSI

VIVA Bola – Timnas Indonesia U-16 sukses melangkah ke partai puncak Piala AFF U-16 2022 usai menundukkan Myanmar lewat adu penalti.

Pada babak penentuan tersebut, Indonesia unggul 5-4 dari Myanmar setelah bermain imbang 1-1 selama waktu normal dalam pertandingan yang digelar di Stadion Maguwoharjo Sleman, Rabu 10 Agustus 2022.

Kiper Timnas Indonesia U-16, Andrika Fathir Rachman, menceritakan pengalamannya saat menjalani adu penalti. Andrika mengaku sempat grogi saat melakoni tugasnya untuk mengawal gawang di babak tos-tosan.

Kiper berusia 16 tahun ini sempat melakukan blunder saat Myanmar mencetak gol pertama di menit ke 43. Tangkapan Andrika yang tak sempurna karena bertabrakan dengan kapten Iqbal Gwijangge dimanfaatkan dengan baik oleh pemain Myanmar Nay Min Htet guna mengoyak gawang Indonesia.

Meski sempat melakukan blunder namun Andrika mampu membalikkan keadaan dan membayar kesalahannya saat adu penalti. Penampilan Andrika di bawah mistar gawang Indonesia cukup baik dan sukses memblok penendang penalti ketiga Myanmar Shine Wanna Aung.

Meski mengaku sempat tegang dan grogi, Andrika bersyukur Indonesia bisa memenangkan adu penalti tersebut.

"Perasaan saya sudah agak lega terlebih usai adu penalti. Tadi semua tegang," kata Andrika usai pertandingan.

Andrika membocorkan rahasia saat memenangkan adu penalti. Andrika membeberkan dirinya menjalankan pesan orang tuanya yaitu terus berdzikir saat menjalani adu penalti.

"Saya sudah dikasih bekal oleh orang tua dan saudara untuk terus berdzikir agar diberi rezeki sama Allah SWT," ungkap Andrika.

Selain itu, Andrika pun mendapatkan tips dari pelatih kiper Markus Horison saat akan turun gelanggang untuk adu penalti. Andrika mengungkapkan arahan dari Markus ini diterapkannya dan berhasil mengantarkan Indonesia menang adu penalti.

"Saya tadi diminta coach Markus untuk tenang. Kami sudah berlatih adu penalti. Saya tadi mengaplikasikan semua tips dari coach Markus. Saya bersyukur karena hal itu membuahkan hasil," ucap Andrika.