Seleksi Timnas Indonesia U-16 Selesai, Nova Arianto: Fisik Mereka Jauh dari Harapan

Timnas Indonesia U-16
Sumber :
  • Situs Resmi PSSI

VIVA – Seleksi Timnas Indonesia U-16 tahap pertama rampung digelar pada Rabu 28 Februari 2024.

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

 Sebanyak 98 pemain telah dipantau secara langsung oleh pelatih Nova Arianto dalam tiga gelombang sejak 18 Februari lalu. 

"Akhirnya kita bisa menyelesaikan seleksi tahap pertama dari gelombang satu, dua, dan tiga. Kita bisa melihat potensi-potensi mereka dan mendapatkan beberapa pemain," kata Nova Arianto. 

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

"Tetapi kita masih mencari pemain-pemain dari kompetisi Elite Pro Academy yang lolos di delapan besar dan rencananya kita akan seleksi lagi setelah FIFA Matchday di akhir Maret," tambahnya. 

Nova juga menyatakan bahwa mental dan fisik pemain seleksi yang ada masih perlu pembenahan. Untuk itu, dirinya perlu mengasah kemampuan pemain dengan intens. 

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

"Secara fisik, kami melakukan tes VO2 Max, kita bisa melihat secara garis besar, fisik pemain masih kurang. Sehingga, saya melihat mereka bermain 2x25 menit saja banyak yang kram," jelas Nova. 

Nova menilai, para pemain justru bisa kuat bermain selama 2x35 menit di Elite Pro Academy (EPA) hingga Piala Soeratin. 

"Analisis kami, mereka bisa mengatur kapan mau joging, jalan, atau lari. Kalau mereka ingin masuk ke tim U-16, mereka harus bermain dengan filosofi saya. Saya membutuhkan pemain-pemain yang mempunyai fisik yang oke. Saya melihat fisik dasar mereka masih jauh dari harapan," tukas Nova.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya