Brunei Darussalam Selangkah Lagi Ramaikan Grup Timnas Indonesia di Piala AFF

Pemain Timnas Brunei Darussalam rayakan gol.
Sumber :
  • https://www.aseanfootball.org/

VIVA Bola – Timnas Brunei Darussalam selangkah lagi meramaikan persaingan di Grup A Piala AFF 2022. Mereka bakal menjadi pesaing baru Timnas Indonesia.

Pemda dan Polres Purworejo Gelar Nobar Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan di Alun-alun

Brunei Darussalam mengalahkan Timnas Timor Leste 6-2 dalam leg 1 kualifikasi Piala AFF di Track and Field Hassanal Bolkiah National Sports Complex, Sabtu 5 November 2022. Tim berjuluk Tebuan ini berpeluang besar lolos ke Piala AFF untuk pertama kali sejak 1996.

Abdul Azizi bin Ali Rahman mencetak dua gol pembuka Brunei di menit 18 dan 13. Timor Leste menjaga asa berkat gol Mouzinho (45'+1).

Reaksi Pelatih Uzbekistan Usai Lihat Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan

Brunei menggila di babak kedua dengan mencetak empat gol tambahan. Masing-masing melalui Razimie Ramlli (60'), Azwan Muhammad Salleh (74'), Wafi Aminuddin (89') dan gol kedua Ramlli (90'+3).

STY Muda Pernah Bobol Gawang Persib, Ini Potretnya saat Duel dengan Robby Darwis

Adapun Timor Leste hanya mencetak satu gol tambaha lewat Jhon Frith (64'). Skor akhir 6-2 untuk Brunei Darussalam.

"Kami tahu bahwa dua menit terakhir sangat krusial dan kami mendapatkan gol yang kami inginkan. Sekarang, kami berpeluang lolos ke Piala AFF untuk pertama kalinya sejak 1996," kata pelatih Brunei Mario Rivera dilansir situs resmi AFF.

Babak kualifikasi menggunakan format dua leg. Namun, karena Timor Leste tak memiliki venue yang memenuhi standar AFF, pertemuan selanjutnya kembali digelar di Brunei. Duel akan kembali digelar di Track and Field Hassanal Bolkiah National Sports Complex, Selasa 8 November 2022. Brunei bisa lolos asal tak kalah dengan selisih lima gol.

"Itu merupakan permainan peluang dan Brunei mampu mencetak gol saat pertadingan," kata pelatih Timor Leste, R. Gopalkrishnan.

Jika lolos, Brunei akan meramaikan persaingan di Grup A Piala AFF 2022. Saat ini, Grup A sudah diisi juara bertahan Thailand, Filipina, Indonesia dan Kamboja. Piala AFF 2022 digelar pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya