PT LIB Sebut Ada 16 Stadion yang Layak untuk Gelar Liga 1, Termasuk JIS

Jakarta International Stadium
Sumber :
  • JIS

VIVA Bola – PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyatakan bahwa ada 16 stadion yang layak menggelar Liga 1. Pengumuman itu didapatkan setelah dilakukan verifikasi selepas tragedi Kanjuruhan, di Malang, Jawa Timur, pada 1 Oktober 2022 lalu.

Arema FC Semakin Jauh Dari Zona Degradasi

Dari 16 stadion yang lolos verifikasi PT LIB salah satunya adalah Jakarta International Stadion. Pernyataan itu diungkapkan oleh komisaris utama PT LIB, Juni Ardianto Rahman.

"Kurang lebih 16 stadion, termasuk JIS, Indomilk Arena, dan juga Stadion Utama Riau," ujar Juni Ardianto.

Hasil Liga 1: Persis Solo Legowo Akui Kemenangan Tim Tamu Persita Tangerang

Jakarta International Stadium (JIS).

Photo :
  • VIVA.co.id/ Riyan Rizki Roshali

Juni menambahkan, stadion-stadion yang lolos verifikasi dinilai memiliki fasilitas yang sesuai standar. Namun, Juni mengatakan, dari stadion tersebut ada beberapa yang memang masih jarang dipakai seperti JIS dan Stadion Utama Riau.

Hasil Liga 1: Tampil Ngotot dari Awal, PSIS Semarang Gilas Persikabo 1973

"Lalu untuk Stadion Utama Riau, di sana pernah digelar Kualifikasi Piala Asia U-22 tahun 2013. Sudah digunakan juga oleh PSPS di Liga 2," sambung Juni.

Selain JIS, Stadion Utama Riau, dan Indomilk Arena, stadion lain yang dianggap layak oleh PT LIB adalah enam stadion Piala Dunia U-20 2023 yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar).

Kemudian ada pula Stadion Batakan (Balikpapan) dan Stadion Jatidiri (Semarang). Memang dengan adanya stadion-stadion ini bisa menjalankan Liga 1 dengan konsep home and away.

Akan tetapi, Juni menegaskan semua tergantung izin dan akan ada beberapa stadion yang kembali dilakukan verifikasi.

Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur

Photo :
  • skyscrapercity.com/

"Tergantung izin saja kalau konsep home-away. Kalau memang nanti diverifikasi mungkin ada beberapa stadion seperti Stadion di Pare-pare atau mana dan saya belum pernah ke sana jadi saya belum berani menyatakan itu tidak boleh," ungkap Juni.

Sejauh ini, PT LIB belum berani memutuskan seperti apa format lanjutan kompetisi Liga 1 2022/23. Apakah akan kembali menggunakan konsep home and away atau menggunakan sistem bubble.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya