Shin Tae-yong Sebut Pemain Timnas Indonesia Tinggi Lemak Kurang Otot

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menyebut berhentinya Liga 1 2022-2023 selama dua bulan telah mempengaruhi kondisi fisik para pemain.

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

Timnas Indoenesia saat ini sedang menjalani pemusatan latihan di Bali United Training Center, Pantai Purnama, Gianyar, sejak Senin 29 November 2022. 

Pemusatan latihan ini sebagai persiapan mengikuti Piala AFF yang dijadwalkan berlangsung pada .20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. 

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

Pada pekan pertama TC, Shin Tae-yong, menugaskan pelatih fisik Shin Sang-gyu untuk memgembalikan level kebugaran para pemain. 

Sebab, lemak para pemain meningkat lantaran lama tak bermain. Sejak Oktober para pemain tak lagi bertanding sebagai buntut Tragedi Kanjuruhan.

Arema FC Semakin Jauh Dari Zona Degradasi

"Jadi fokusnya memang lagi berusaha untuk membuat penguatan dasar. Karena liga berhenti jadi semua pemain hampir sama, jadi lemak tinggi dan ototnya berkurang," kata Shin Tae-yong di YouTube PSSI.

Itu yang membuat pemain jadi menambah masalah otot dan juga berkurangnya lemak," ujar pelatih asal Korea Selatan itu menambahkan.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong menyebut Timnas Indonesia akan berkembang jika liga berjalan dengan baik,

"Memang dengan ada masalah kemarin jadi liga tidak bisa bergulir dengan baik tetapi sebagai pemain harus bermain agar mereka bisa meningkatkan performa masing-masing," ucapnya.

"Jadi sama konsepnya, liga berkembang agar timnas berkembang," jelasnya.

Setelah digelar dengan format bubble di Singapura pada edisi sebelumnya, Piala AFF akan kembali digelar kandang-tandang mulai dari fase grup. 

Timnas Indonesia yang tergabung di Grup A melakoni dua partai kandang kontra Kamboja (23/12) dan Thailand (29/12). 

Sedangkan dua laga lainnya menghadapi Brunei Darussalam (26/12) dan Filipina (2/1) berlangsung di markas lawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya