Indonesia Yakin Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Senior Asalkan Capai Target

Pemain Timnas Indonesia U-20 merayakan gol lawan Fiji
Sumber :
  • PSSI

VIVA Bola – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan bahwa penyelenggaraan Piala Dunia U-20 bisa menjadi penilaian untuk Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia tingkat senior.

Stadion Wergu Wetan Tuan Rumah 32 Besar Liga 3, Panpel Terus Lakukan Pembenahan

Erick menyebutkan bahwa ajang Piala Dunia U-20 merupakan event terbesar FIFA setelah Piala Dunia senior. Dia berharap Indonesia bisa memanfaatkan kesempatan ini sebagai tolak ukur kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah di acara besar lainnya.

“Persiapan Piala Dunia U-20 ini menjadi cikal bakal penting untuk penilaian kita siap tidak untuk Piala Dunia senior," ujar Erick Thohir dalam konferensi pers di kawasan Jakarta Selatan.

Shin Tae-yong Janji Bakal Lancar Bahasa Indonesia

Namun, Erick ingin persiapan Indonesia itu juga dibarengi dengan prestasi tim nasional agar seimbang.

Emblem Piala DUnia U-20 2023

Photo :
  • PSSI.org
Shin Tae-yong Dapat Hadiah Mobil Mewah Genesis G80 Electrified Harga Miliaran, Intip Spesifikasinya

“Keseimbangan antara penyelenggaraan dan prestasi timnas harus berjalan bersamaan, tidak boleh ada yang tertinggal,” kata Menteri BUMN tersebut.

Guna mencapai hal itu, komponen terpenting adalah dukungan dari masyarakat ke tim nasional saat sedang melambung ataupun terpuruk.

Erick Thohir juga berencana akan melakukan pemeriksaan langsung ke stadion-stadion yang akan menjadi arena pertandingan Piala Dunia U-20 2023 demi memastikan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah.

Pemain Timnas Indonesia U-20, Sulthan Zaky

Photo :
  • PSSI

“Mengenai persiapan lapangan, kemarin Pak Basuki (Menteri Pengerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) langsung lapor ke Bapak Presiden ketika kami meninjau pembangunan pusat pelatihan,” ungkap Erick Thohir.

“Bapak Presiden menjabarkan ada 22 stadion yang sedang direview pemerintah, ada yang mau diperbaiki, dibangun, dan lain-lain. Tetapi untuk enam stadion, pemerintah, siap mendukung,” imbuhnya.

Erick mengatakan ingin memeriksa sejumlah persiapan seperti kapasitas penonton, fasilitas yang diperlukan pemain dan ofisial termasuk untuk media.

Namun, dia belum bisa berbicara banyak karena belum turun langsung melihat stadionnya.

Sebanyak enam stadion yang sudah ditentukan menjadi arena Piala Dunia U-20 adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali). (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya