FIFA Mulai Cek Stadion Piala Dunia U-17 dari JIS, PSSI Ungkap 3 Poin Utama

Waketum PSSI Ratu Tisha dan perwakilan FIFA
Sumber :
  • PSSI

Jakarta – FIFA memulai pemeriksaan sejumlah stadion-stadion untuk Piala Dunia U-17 2023 pada Sabtu 29 Juli 2023 dan dimulai di Jakarta International Stadium

Shin Tae-yong Hembuskan Angin Surga soal Masa Depan Sepakbola Indonesia

Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha mengatakan terdapat tiga fokus kunjungan FIFA. "Pertama, kesiapan venue, termasuk main venue dan lapangan-lapangan latihan," ujar Tisha.

Tisha menyampaikan FIFA juga akan memgecek kualitas venue yang berada pada pitch management atau lapangan dengan lebih spesifik soal jenis dan kondisi rumput.

Alasan PSSI Perpanjang kontrak Shin Tae-yong hingga 2027

Poin ketiga yang menjadi perhatian FIFA terkait dengan team services, termasuk akomodasi untuk para peserta.

Dalam suratnya FIFA merekomendasikan rumput JIS untuk diganti. Pertandingan dengan format turnamen yang memiliki intensitas tinggi membuat FIFA ingin memastikan penggantian rumput dengan sistem pemulihan yang cepat.

Timnas Indonesia U-20 Tampil di Toulon Cup, Satu Grup dengan Italia

"Di surat juga disebutkan bahwa pemulihan perbaikan ini butuh waktu 8-10 pekan. Menurut saya, ini inisiatif yang sangat baik dari FIFA agar Indonesia bisa mempersiapkan JIS agar bisa digunakan untuk Piala Dunia U-17,” jelasnya.

Sebelumnya, JIS mendapatkan sorotan dari FIFA karena rumput hybrid yang digunakan harus diganti. Faktor lain yang disorot adalah akses masuk dan keluar penonton hanya satu, sebab gerbang lainnya belum rampung dibangun.

Parkiran juga disebut minim. JIS merupakan satu dari delapan stadion yang dicalonkan PSSI untuk menggelar Piala Dunia U-17. Selain JIS ada Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta).

Kemudian ada Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali); Stadion Pakansari (Bogor).

Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 yang akan digelar pada 10 November-2 Desember mendatang. Sebanyak 24 peserta akan ambil bagian dan dibagi keenam grup yang masing-masing berisi 6 tim.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya