Peringatan Keras Erick Thohir ke Pelatih Asing: Hormati, Jangan Bentak-bentak!

Erick Thohir, Ketua Umum PSSI dan Wakil Ketum PSSI Zainuddin Amali
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

JAKARTA – Ketum PSSI, Erick Thohir menyampaikan pesan tegas kepada pelatih asing yang berkiprah di Indonesia. Dia mengatakan kalau semua harus bisa menghormati tim nasional.

Ernando Ari Bersyukur dengan Pencapaian Timnas Indonesia U-23 tapi Belum Puas

Erick dalam hal ini ikut menyinggung polemik klub yang ogah melepas pemain untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23 yang akan tampil di Piala AFF.

Diketahui Persija Jakarta dan PSM Makassar menolak melepas peggawanya. Pelatih mereka beralasan, Piala AFF U-23 bukan masuk dalam kalender resmi FIFA.

Kondisi Terbaru Witan Sulaeman Usai Timnas Indonesia U-23 Dikalahkan Guinea

Buntut sempat terjadi adu statement antara manajer timnas Sumardji dengan para pelatih tersebut, salah satunya Thomas Doll.

Cerezo Osaka Vs Vissel Kobe, Justin Hubner Jadi Starter Bareng Eks Gelandang Man Utd

Erick sendiri mengaku PSSI tidak mau bersikap otoriter terhadap klub dan pemain. Cuma dia mengingatkan kalau siapapun harus menghormati timnas, termasuk para pelatih asing.

"Saya juga mau bahwa para pelatih asing ini ada A, B, C, D-nya. Bahwa mereka harus menghormati tim nasional. Kedua mereka juga memperlakukan para asisten dan pemainnya dengan hormat. Jangan membentak-bentak sembarangan. Kita bukan bangsa yang bisa direndahkan," tegas sosok yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

"Jadi mereka juga harus menghormati adat istiadat kita. Nah mereka di sini tidak hanya memberikan prestasi, harus juga membina sepakbola Indonesia. Kalau tidak buat apa, hanya mengejar prestasi, kita tidak ada kontribusi buat bangsa," tuturnya.

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya