Kata Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia Hajar Turkmenistan

Shin Tae-yong
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/Viva Jatim

VIVA – Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan atas Turkemenistan pada laga FIFA Matchday. Tampil di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat 8 September 2023, Timnas Indonesia menang dengan skor 2-0.

Tanggapan Pelatih Anyar Vietnam Kim Sang-sik Bertemu Timnas Indonesia di Grup ASEAN Cup 2024

Berkali-kali mencoba membongkar pertahanan Turkmenistan, usaha Indonesia membuahkan hasil pada menit ke-19. Bola umpan panjang Jordi Amat dihalau bek Turkmenistan. 

Bola jatuh ke kaki Dendy Sulistyawan. Striker Bhayangkara FC itu melepaskan tembakan parabol dari luar kotak penalti. Skor 1-0 untuk timnas Indonesia.

Segrup dengan Timnas Indonesia di ASEAN Cup 2024, Vietnam Merasa Diuntungkan

Pada babak kedua, timnas Indonesia tidak mengendurkan serangan. Hasilnya, Egy Maulana Vikri mencetak gol melalui sepakan kaki kiri. Skor 2-0 untuk kemenangan Timnas Indonesia.

Usai pertandingan, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengatakan dirinya harus memutar otak pada laga ini. Sebab, Indonesia tidak tampil dengan kekuatan terbaik. Selain karena badai cedera, sejumlah nama tengah dipakai untuk membela Timnas Indonesia U-23 di kejuaraan lain.

Rektor UM Surabaya Harap Rizky Ridho Bisa Bawa Timnas Indonesia Lolos Kualifikasi Piala Dunia 2026


"Kita pemain timnas senior ini bisa dibilang belum lengkap karena banyak pemain di tim nasional U-23," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai laga.

"Jadi pertandingan ini kami pakai tiga bek di babak pertama, kemudian babak kedua nyerang ganti 4-4-2, di menit akhir 3-4-3. Pemain ikuti instruksi pelatih dengan baik jadi kita dapat kemenangan," jelasnya.

Sementara itu, Dendy Sulistyawan bersyukur bisa mencetak gol indah di laga tersebut. Namun, ia merasa kemenangan ini berkat perjuangan satu tim.

"Pastinya tadi kita kerja keras semua bukan cuma satu dua saja yang bagus. Terus kita mengikuti persiapan yang baik selama di Surabaya dan alhamdulillah bisa menang," ujar Dendy.

Kemenangan ini sangat penting bagi Timnas Indonesia. Meski statusnya cuma uji coba, pertandingan ini mempengaruhi ranking FIFA. Tim Merah Putih akan naik karena bisa kalahkan Turkmenistan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya