FIFA Akhirnya Buka Suara Terkait Rumput JIS di Piala Dunia U-17

Jakarta International Stadium (JIS) atau Stadion JIS di Jakarta Utara
Sumber :
  • Antara

VIVA – FIFA buka suara terkait polemik rumput Jakarta International Stadium yang digunakan untuk Piala Dunia U-17 2023. 

FIFA President Praises Indonesian National Team's Achievement

JIS menjadi sorotan netizen lantaran dinilai ada perubahan penampakan rumput dari sebelum dan sesudah renovasi untuk Piala Dunia U-17 2023 menjadi.

Saat menggelar pertandingan pertama Grupn C Piala Dunia U-17 2023, rumput JIS disebut tidak sebaik sebelum direnovasi. Kritikan netizen ini sempat dijawab oleh anggota PSSI bahwa tidak ada masalah dengan rumput JIS. Bahkan, para pemain memberikan pujian.

Presiden FIFA Bangga dengan Pencapaian Timnas Indonesia: Bergerak ke Arah yang Benar

Sementara FIFA akhirnya buka suara terkait hal ini. FIFA lewat pernyataan resmi yang dirilis LOC Piala Dunia U-17 2023, Selasa (14 November 2023, FIFA menyebut JIS dan ketiga stadion Piala Dunia U-17 2023 lainnya mampu memenuhi harapan FIFA.

"Semenjak pembukaan Piala Dunia U-17, keempat stadion di empat kota di tanah air telah menjamu 24 tim negara peserta dengan baik. Tak hanya itu, performa stadion Gelora Bung Tomo (GBT) di Jakarta, Stadion Manahan di Solo, Si Jalak Harupat di Kab. Bandung dan Jakarta International Stadium telah berhasil naik level ke taraf yang diharapkan, yakni level penyelenggaraan turnamen internasional," tulis pihak FIFA.

10 Pemain Timnas Indonesia di Game EA Sports FC 24, Ada Nathan Tjoe-A-On

"Sebagian stadion bahkan sudah diuji dengan perubahan cuaca. Stadion Si Jalak Harupat didera hujan deras saat pertandingan pembuka antara Jepang dan Polandia. Meski demikian, kendala cuaca ini tak menjadi halangan terselenggaranya pertandingan hingga tuntas," sambung pernyataan FIFA.

Lebih lanjut, FIFA memastikan rumput JIS sudah memenuhi harapan mereka dan tim peserta Piala Dunia U-17 2023.

"Seiring dengan berjalannya turnamen, JIS sudah teruji dengan optimal dalam skala internasional. Semua tim yang bertanding baik di Jakarta, Bandung, Surakarta dan Surabaya memuji kualitas stadion. Mereka menyatakan kepuasannya atas kualitas lapangan, baik di stadion pertandingan maupun di tempat Latihan."

"FIFA mengungkapkan kepuasan atas pencapaian ini serta mengapresiasi segala usaha PSSI dan pemerintah Indonesia yang telah memenuhi segala tugas dan standard renovasi semua stadion, termasuk untuk JIS. Sejak JIS terpilih sebagai salah satu stadion Piala Dunia U-17 2023, PSSI dan kementerian PUPR langsung tancap gas bekerja keras untuk meningkatkan kualitas stadion. Standard yang mesti tercapai adalah setidaknya memenuhi standard minimum FIFA sebagai lokasi penyelenggaraan pertandingan sekelas turnamen resmi FIFA," tulis pihak FIFA.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya