Timnas Irak Berondong Gawang Timnas Indonesia Lima Gol

Timnas Irak vs Timnas Indonesia
Sumber :
  • PSSI

Jakarta – Timnas Indonesia menelan kekalahan saat melawat ke Basra International Stadium, markas Timnas Irak, Kamis malam WIB 16 November 2023. Laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 itu berkesudahan dengan skor 1-5.

Jawaban Mengejutkan Shin Tae-yong soal Elkan Baggott Tak Gabung Timnas Indonesia U-23

Irak mendominasi jalannya pertandingan di menit awal. Indonesia merespons dengan menunggu di area pertahanan. Pemain belakang Skuad Garuda harus jatuh bangun menahan serangan.

Pertahanan Indonesia runtuh juga ketika pertandingan memasuki menit 20. Kesalahan dilakukan oleh Marc Klok ketika menguasai bola.

Jelang Lawan Guinea, STY Cemas dengan Timnas Indonesia: Lini Belakang Hampir Runtuh

Timnas Irak vs Timnas Indonesia

Photo :
  • PSSI

Pemain Irak, Aymen Hussein berhasil mencuri bola dari Klok. Setelah itu bola jatuh di kaki Bashar Reshan yang berada di dalam kotak penalti. Dia mengecoh Asnawi Mangkualam terlebih dulu, baru melepaskan tendangan yang menjadi gol.

Shin Tae-yong Beri Kabar Buruk Jelang Timnas Indonesia U-23 Vs Guinea

Unggul satu gol membuat Irak semakin percaya diri menekan pertahanan Indonesia. Berselang 14 menit kemudian, keunggulan tuan rumah bertambah setelah bek Indonesia, Jordi Amat melakukan gol bunuh diri.

Di pengujung babak pertama, Indonesia memangkas ketertinggalan menjadi 1-2. Umpan silang dilepaskan oleh Rafael Struick, dan diteruskan dengan tendangan keras oleh Shayne Pattynama.

Bek Timnas Indonesia, Shayne Pattynama

Photo :
  • twitter.com/TimnasIndonesia

Memulai babak kedua, Shin Tae-yong melakukan pergantian pemain. Adam Alis dan Ricky Kambuaya ditarik keluar. Sebagai pengganti, Arkhan Fikri dan Saddil Ramdani yang bermain.

Tidak mudah bagi Indonesia untuk bisa lepas dari tekanan tuan rumah. Pressing yang diberikan membuat Skuad Garuda sulit untuk melancarkan serangan.

Gawang Indonesia yang dikawal Nadeo Argawinata bobol ketiga kalinya pada menit 60. Tendangan keras dari luar kotak penalti dilepaskan oleh Osama Rashid berujung gol.

Irak menambah keunggulan atas Indonesia menjadi 4-1. Gol tercipta pada menit ke-81 melalui Youssef Amyn. Berselang tujuh menit, Ali Al Hamadi menambah keunggulan tuan rumah.

Hasil ini menempatkan Irak di puncak klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026. Tiga poin didapatkan, sama dengan milik Vietnam yang ada di urutan kedua. Namun, Irak unggul selisih gol.

Karena pada pertandingan lain, Vietnam menang 2-0 atas Filipina. Sementara posisi Indonesia ada di dasar klasemen.

Susunan Pemain

Timnas Irak: Jalal Hassan; Merchas Doski, Ali Adnan, Rebin Sulaka, Hussein Ali (Hasan Abdulkareem 84'), Osama Rashid (Ahmad Allee 67'), Amir Al-Ammari, Bashar Resan (Youssef Amyn 67'), Ali Jasim, Ibrahim Bayish (Mustafa Saadoun 85'), Aymen Hussein (Ali Al Hamadi 79').

Timnas Indonesia: Nadeo Argawinata; Shayne Pattynama, Elkan Baggott, Jordi Amat, Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam, Adam Alis (Arkhan Fikri 46'), Ricky Kambuaya (Saddil Ramdani 46'), Marc Klok (Witan Sulaeman 76'), Dimas Drajad (Rafael Struick 39'), Dendy Sulistyawan (Pratama Arhan 76').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya